Piala Dunia 2022

Tidak Gentar Bertemu Brasil, Spanyol Berambisi Kalahkan Jepang Terlebih Dahulu

Maka dari itu, Luis Enrique menegaskan bahwa tujuan timnya berada di posisi teratas klasemen Grup E Piala Dunia 2022 agar bertemu peringkat kedua.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Alfonsius Pardosi
JAVIER SORIANO / AFP
Pelatih Spanyol Luis Enrique. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Timnas Spanyol akan melakoni petandingan terakhir grup E kontra Jepang di Stadion Khalifa International pada Jumat 2 Desember 2022 pukul 02.00 dini hari WIB.

Meski peluang lolos 16 besar cukup besar berkat hasil satu kali kemenangan dan satu kali imbang, tetapi Spanyol tidak mau keteteran yang akhirnya tidak menjadi pemuncak klasemen akhir.

Klasemen Akhir Piala Dunia 2022 Grup C Usai Argentina, Meksiko Menang, Cek Tim Lolos 16 Besar !

"Ketika Anda yakin bahwa memiliki skuad yang sangat bagus dan akan memainkan tujuh pertandingan, maka kami tidak ingin berada di urutan kedua," ujar pelatih Spanyol Luis Enrique saat konferensi pers di Qatar National Convention Center (QNCC), Doha pada Rabu 30 November 2022.

"Kami ingin finis di posisi teratas. Hal itu berarti bermain melawan siapa pun di babak berikutnya, menghadapi tim kedua dari Grup F. Sempurna," tegas pelatih La Roja ini.

Maka dari itu, Luis Enrique menegaskan bahwa tujuan timnya berada di posisi teratas klasemen Grup E Piala Dunia 2022 agar bertemu peringkat kedua dari group F.

Spanyol saat ini berada di puncak klasemen Grup E dengan empat poin dari dua pertandingan. Sementara itu, Jepang membayangi diurutan kedua dengan perolehan tiga poin.

Dilansir dari The Peninsula, terdapat beberapa pihak yang berpendapat bahwa Spanyol akan lebih beruntung jika berada di urutan kedua untuk menghindari kemungkinan laga perempat final kontra Brasil.

Namun, Luis Enrique menyebutkan bahwa dirinya tidak setuju akan hal itu. "Kami telah memikirkannya. Namun, dari sudut pandang profesional, bayangkan jika kami tertarik untuk berada di urutan kedua," jelas Luis Enrique.

“Bayangkan kami pikir runner-up lebih baik dan telah mencapai menit ke-90 dengan hasil imbang 0-0 yang bagus," tuturnya.

Rekap Daftar Negara yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar Termasuk Argentina dan Polandia

Namun kemudian lima detik dari waktu penuh, Kosta Rika dan Jepang sama-sama mencetak gol. Dalam 15 detik terakhir, kita akan keluar! Atau Jerman bisa menang 5-0. Hanya membayangkan!," sebut pelatih berusia 52 tahun itu.

"Kemudian di perempat final melawan tim dari Grup H. Mungkin kami akan bermain melawan Brasil. Namun, pertama-tama kami harus mengalahkan Jepang," tegas mantan pelatih Barcelona itu.

Disampaikannya lagi, olahraga tingkat atas bukan tentang spekulasi. Menghindari Brasil mungkin lebih mudah? Lebih mudah dalam sepak bola? Apa itu? Untuk memenangkan Piala Dunia, Anda harus mengalahkan semua lawan. Itulah tujuannya. Itulah kehebatan sepakbola," ungkapnya.

Jepang telah mengalahkan Jerman di pertandingan pertama mereka pada Rabu 23 November 2022. Namun, di pertandingan berikutnya kalah 1-0 dari Kosta Rika pada Minggu 27 November 2022).

Sementara itu, La Roja berhasil melumpuhkan Kosta Rika dengan skor telak 7-0 di pertandingan pertama mereka Rabu 23 November 2022. Kemudian, berakhir imbang 1-1 ketika melawan Jerman di laga kedua penyisihan grup. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jepang Vs Spanyol, Luis Enrique Optimistis Berada di Posisi Teratas"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved