Piala Dunia 2022

Gol Tunggal Wahbi Khazri Untuk Kemenangan Tunisia, Ternyata Tumbangkan Negara Tempat Kelahirannya

Pasalnya, meski pun Tunisia menang, di tempat berbeda Australia juga berhasil mengalahkan Denmark dengan skor tipis 1-0.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Alfonsius Pardosi
FRANCK FIFE / AFP Via Tribunnews.com
Squad Tunisia (putih) berduel dengan pemain Timnas Prancis dalam Pertandingan terakhir penyisihan Grup D untuk Hasil Piala Dunia 2022 ,Rabu 30 November 2022 . 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kemenangan timnas Tunisia atas Perancis dalam laga pamungkas penyisihan grup D Piala Dunia Qatar pada Rabu 1 Desember 2022 menjadi sia-sia bagi wakil benua Afrika ini untuk lolos ke babak 16 besar.

Pasalnya, meski pun Tunisia menang, di tempat berbeda Australia juga berhasil mengalahkan Denmark dengan skor tipis 1-0.

Melihat Peluang Portugal Yang Masuk Daftar Peraih Juara Piala Dunia 2022 Qatar

Sehingga Australia memperoleh peringkat kedua diklasemen akhir grup D, dan mendampingi Perancis ke babak sistem gugur.

Namun terlepas dari dari itu, ada cerita menarik bagi penyerang Tunisia Wahbi Khazri yang ternyata mencatat rekor usai mencetak gol kemenangan melawan Perancis.

Sontekan Wahbi Khazri pada menit ke-58 memanfaatkan asis Aissa Laidouni, mencatatkan namanya ke papan skor.

Kemudian berkat gol tersebut, juru gedor senior berusia 31 tahun itu menjadi pemain Afrika pertama yang mencetak gol di tiga pertandingan beruntun Piala Dunia sebagai starter.

Wahbi Khazri sebelumnya mencetak gol di penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 melawan Belgia (kalah 2-5) dan Panama (menang 2-1).

Lionel Messi Melapaui Rekor Maradona di Piala Dunia Usai Menang Atas Polandia

Dari lima gol terakhir Tunisia di ajang empat tahunan tersebut, ada andil Wahbi Khazri di semuanya dengan tiga gol dan dua asis.

Namun Tunisia di Rusia gagal lolos ke babak 16 besar dan finis di peringkat ketiga penyisihan grup, sama seperti di Qatar tahun ini.

Striker yang bermain untuk Montpellier di Ligue 1 Perancis itu juga bermain saat Tunisia kalah 0-1 kontra Australia di laga kedua Grup D Piala Dunia 2022, tetapi dia turun sebagai pemain pengganti di menit ke-67.

Ada pun di pertandingan pertama ketika Tunisia imbang 0-0 ketika menghadapi Denmark, Wahbi Khazri tidak dimainkan oleh pelatih Jalal Kadri.

Menariknya lagi, saat menggetarkan jala Steve Mandanda di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, itu adalah gol Wahbi Khazri ke negara kelahirannya.

Menurut data dari Transfermarkt, Wahbi Khazri lahir di Ajaccio, Perancis, 8 Februari 1991.

Baca juga: Klasemen Akhir Piala Dunia 2022 Grup D Usai Prancis Tumbang, Australia Jadi Wakil Asia Lolos

Ia menimba ilmu di tim junior JS Ajaccio lalu bergabung dengan SC Bastia U19 hingga masuk tim B kemudian senior, sebelum diboyong Bordeaux.

Khazri pernah menjajal atmosfer Liga Inggris ketika diboyong Sunderland pada pertengahan musim 2015/2016 seharga 11,8 juta euro, tetapi kariernya tidak bertahan lama bersama The Black Cats.

Ia selanjutnya kembali ke Perancis untuk membela Rennes sebagai pemain pinjaman (2017/2018), lalu dibeli permanen oleh Saint-Etienne (2018/2019).

Mulai awal musim ini (2022/2023) berseragam Montpellier, setelah pindah dengan free transfer.

Di timnas Tunisia, Wahbi Khazri telah menorehkan 24 gol dari 74 caps hingga Piala Dunia 2022 Qatar. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rekor Wahbi Khazri Usai Tunisia Tumbangkan Perancis Sang Juara Dunia"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved