FDS di Lanjak Kapuas Hulu, Ini Harapan Bupati dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selain itu juga momentum peluang bagus untuk pembangunan UMKM di Kabupaten Kapuas Hulu, melalui pameran yang dilaksanakan.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Sahirul Hakim
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan didampingi pihak kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, saat menghadiri festival danau Sentarum, di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis 1 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyatakan, kalau dirinya merasa bersyukur sudah dua tahun festival danau Sentarum ( FDS ) di Kapuas Hulu sudah kembali dilaksanakan, setelah kendala adanya pandemi Covid-19.

"Dua tahun tidak dilaksanakan, dan ini kesempatan kita kembali dilaksanakan Festival Danau Sentarum di Lanjak Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, untuk menampilkan dan mempromosikan kekayaan alam, adat istiadat serta budaya di Kapuas Hulu," ujarnya kepada wartawan, Kamis 1 Desember 2022.

Fransiskus Diaan juga menjelaskan bahwa, saat penyambutan kedatangan rombongan ke tempat festival danau Sentarum di Lanjak Batang Lupar, menggunakan tiga presesi adat yaitu Melayu, Dayak Iban dan Tamambaloh.

"Maka momentum Festival Danau Sentarum menunjukkan keberagaman budaya dan istiadat selalu kompak untuk segala kegiatan termasuk, mensukseskan festival danau Sentarum," ucapnya.

Kades di Kapuas Hulu Akui Selalu Gunakan Dana Desa Sesuai Undang-undang

TFCA Kalimantan Dukung Festival Danau Sentarum

Selain itu juga momentum peluang bagus untuk pembangunan UMKM di Kabupaten Kapuas Hulu, melalui pameran yang dilaksanakan.

"Jadi akan membantu masyarakat kita pelaku UMKM, dengan harapan kedepan menjadi lebih baik," ungkapnya.

Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Firnandi Ghufron, menyatakan kalau pihaknya sangat mendukung atas terselenggaranya Festival Danau Sentarum ini.

"Ujung dari kegiatan ini adalah kebangkitan ekonomi, saya melihat UMKM disini kualitas dan produksinya sudah bagus, dan harapan tahun depan Festival Danau Sentarum bisa dilaksanakan lebih baik, dan bisa diadakan bertepatan dengan momentum libur bersama," ujarnya.

Ditanya soal dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terhadap festival danau Sentarum, Ghufron mengakui saat ini pihaknya masih mengalami kendala, karena adanya refocusing untuk penanggulangan Covid-19 dan kenaikkan BBM.

"Namun kita berkomitmen mendukung kedepan dan setelah ini kami dan Pemkab Kapuas Hulu akan melakukan evakuasi ada untuk perbaikan event Festival Danau Sentarum kedepannya," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved