Jokowi Kunjungi Pontianak, Pangalangok Jilah Harap Pemerintah Akomodir Peningkatan SDM

Acara Bahaupm Bide Bahana di Rumah Radakng semakin istimewa karena dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada acara tersebut, Pasukan Merah

Tribunpontianak/Tri Pandito Wibowo
Presiden Joko Widodo mengunjungi Kota Pontianak dalam rangka meresmikan pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Selasa 29 November 2022. Ribuan prajurit Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) dari masyarakat Suku Dayak mengikuti rangkaian tersebut. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Belasan ribu Pasukan Merah dari Tariu Borneo Bengkule Rajakng (TBBR) memadati Rumah Radakng Pontianak, Selasa 29 November 2022. Mereka mengikuti gelaran Bahaupm Bide Bahana yang artinya temu akbar, dalam hal ini temu akbar Pasukan Merah TBBR se-Kalimantan.

Acara Bahaupm Bide Bahana di Rumah Radakng semakin istimewa karena dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada acara tersebut, Pasukan Merah TBBR melaksanakan serangkaian ritual adat. Selain itu juga akan dilaksanakan pertunjukan seni budaya khas Dayak.

Di hadapan Presiden Jokowi, Agustinus yang juga dikenal sebagai Pangalangok Jilah yang merupakan panglima besar TBBR menyampaikan bahwa Bahaupm Bide Bahana merupakan pertemuan besar antara masyarakat dengan rajanya, yang saat ini yakni Presiden.

"Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan ritual adat sebagai rasa syukur dan keselamatan dari bencana," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pangalangok Jilah menyampaikan bahwa TBBR merupakan organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pelestarian budaya serta benteng masyarakat Dayak. Dengan semakin berkembangnya zaman, di hadapan Jokowi, Pangalangok Jilah berharap pemerintah dapat mengakomodir peningkatan SDM anak-anak masyarakat Dayak di pedalaman Kalimantan.

"Kami berharap agar kiranya pemerintah mengakomodir peningkatan SDM bagi anak-anak Dayak khususnya di pedalaman. Sehingga mendapatkan fasilitas pendidikan yang setara dengan anak-anak di kota besar," tutur Pangalangok Jilah.

Kebahagiaan Warga Dalam Kunjungan Presiden Jokowi ke Pontianak

Lalu, menuju pembangunan ibu kota Nusantara di Kalimantan Timur, pihaknya dari TBBR siap memberikan dukungan penuh kepada pemerintah.

"Besar harapan kami IKN dapat berpengaruh besar kepada pembangunan masyarakat Dayak, baik dari SDM dan infrastruktur," katanya.

"Kiranya Bapak Kapolri, saya berharap bisa memberikan kuota khusus agar anak-anak Dayak dapat bergabung di TNI dan Polri. Kami rindu melihat jenderal dari suku Dayak di masa depan," ujarnya.

Tanggapan Jokowi

Sementara itu menggunakan baju bermotif Dayak, Presiden RI Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Pontianak. Turut mendampingi Presiden Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Pol Drs Listyo Sigit Prabowo.

Hadir juga, Gubernur Kalbar H Sutarmidji, Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, Danlantamal XII/Pontianak Laksma TNI Suharto, SH Msi (Han) CIQnR CIQaR, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak dan Kepala BIN daerah Kalbar Brigjen Pol Rudy Tranggono, serta pejabat Pemprov dan Pemkot Pontianak.

Presiden Jokowi menghadiri dan membuka kegiatan Bahaupm Bide Bahana Pasukan Merah TBBR yang dilaksanakan di Rumah Radakng.

Sebelum Agustinus Pangalangok Jilah berpidato, Presiden Jokowi lebih dulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat adat suku Dayak, yang telah mendukung proyek IKN Nusantara. Jokowi menyampaikan dukungan ini sangat dibutuhkan bagi proyek yang berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved