Piala Dunia 2022

Federasi Sepak Bola Iran Laporkan AS ke FIFA dan Desak Diskors 10 Pertandingan, Ada Apa Ya?

Adapun Iran saat ini sedang dilanda demo dua bulan yang dipicu kematian Mahsa Amini, perempuan berusia 22 tahun yang tewas usai ditangkap polisi moral

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Alfonsius Pardosi
AFP/FADEL SENNA/Tribunnews
Pendukung Timnas Iran bersorak untuk tim mereka saat mereka hadir dalam laga sepak bola Grup B Piala Dunia 2022 Qatar antara Wales melawan Iran di Stadion Ahmad Bin Ali, di Al-Rayyan, sebelah barat Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022) waktu setempat. Cek Syarat Iran Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Federasi sepak bola Iran mengajukan protes ke FIFA pada Minggu 27 November 2022, setelah federasi sepak bola Amerika Serikat atau US Soccer menghapus lambang di tengah bendera Iran dalam unggahan media sosial.

Seperti diketahui bersama, Timnas Iran dan AS akan berhadapan dalam laga terakhir penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 pada Rabu 30 November 2022 dini hari WIB.

Jalan Terjal Peringkat 2 FIFA di Piala Dunia 2022 Qatar, De Bruyne : Kami Terlalu Tua

Mereka sama-sama butuh kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar.

Adapun Iran saat ini sedang dilanda demo dua bulan yang dipicu kematian Mahsa Amini, perempuan berusia 22 tahun yang tewas usai ditangkap polisi moral.

Karena diduga melanggar aturan ketat berpakaian bagi wanita di negara itu.

Kantor berita negara Iran yaitu IRNA menuliskan, "Federasi Sepak Bola Iran mengirim e-mail ke FIFA (badan sepak bola dunia) untuk menuntut dikeluarkannya peringatan serius kepada federasi AS."

Bendera Iran terdiri dari tiga bagian horizontal berwarna merah putih, dan hijau, serta lambang nama Tuhan di tengahnya.

Lambang itulah yang dihapus dari bendera Iran di unggahan akun US Soccer di Twitter dan Instagram.

"Itu adalah grafik sekali pakai untuk menunjukkan solidaritas dengan para wanita di Iran," kata pejabat komunikasi dari badan sepak bola AS, dikutip dari kantor berita AFP.

Ia menambahkan, bendera Iran tidak diubah di situs web US Soccer.

Baca juga: Melihat Peluang Jerman di Piala Dunia 2022, Wajib Menang Namun Tergantung Hasil Pertandingan Lain

Juru bicara US Soccer kemudian mengatakan kepada wartawan, unggahan tersebut sudah dihapus dan diganti dengan yang menampilkan bendera yang benar.

"Kami masih mendukung perempuan Iran," ujarnya.

Kantor berita Iran Tasnim di Twitter mengatakan, tim AS telah melanggar piagam FIFA dan skorsing 10 pertandingan adalah hukuman yang pantas.

Tasnim juga menuntut USMNT, nama resmi timnas sepak bola pria Amerika Serikat, harus dikeluarkan dari Piala Dunia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved