Bawaslu Lakukan Pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu di Kapuas Hulu

Maka dari itu untuk mengantisipasi terhadap kerawanan pemilihan umum kedepannya, kata Haidir perlu ada pencegahan secara bersama

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/BAWASLU KAPUAS HULU
Kordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Haidir. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan pemetaan atau pengisian indeks kerawanan pemilihan umum (IKP) serentak tahun 2024 di Kabupaten Kapuas.

Kordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Haidir menyatakan, dalam pelaksanaan pengisian IKP tersebut pihaknya melibatkan KPU, Polres, Disdukcapil, dan perwakilan media.

"Dimana hasil pengisian IKP ini kita sampaikan ke pusat, sehingga kedepannya menjadi program kerja Bawaslu untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya, Kamis 24 November 2022.

Haidir menjelaskan, kerawanan pada saat Pemilu di Kapuas Hulu sebelumnya diantaranya adalah adanya upaya untuk menghalang-halangi pemilih memberikan suara ke TPS, adanya iklan kampanye di luar jadwal yang dilakukan oleh peserta pemilu.

Ini Penjelasan KPU Sanggau Terkait Opsi Penambahan Dapil Pada Pemilu 2024

Kapolres Kapuas Hulu Ajak Masyarakat Berkomunikasi Ketika Ada Persoalan Hukum

"Terus, adanya laporan tentang politik uang yang dilakukan peserta pemilu, adanya pemungutan suara ulang, adanya intimidasi terhadap penyelengaraan Pemilu, dan lainnya," ucapnya.

Maka dari itu untuk mengantisipasi terhadap kerawanan pemilihan umum kedepannya, kata Haidir perlu ada pencegahan secara bersama, baik dari Bawaslu, KPU, Kepolisian, Pemerintah dan semua.

"Dimana kita ingin Pemilu kedepannya tahun 2024 tetap berjalan dengan lancar dan sukses di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, maka perlu kerjasama semua pihak untuk melakukan pencegahan," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved