Lokal Populer

Pentingnya Kepala Madrasah dan Guru Meningkatkan Kompetensi

Kepala madrasah harus meningkatkan lima kompetensi, yakni kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial

Penulis: Ramadhan | Editor: Destriadi Yunas Jumasani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas Kemenag Mempawah
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Hasib Arista saat memberikan motivasi pada para Kepala Madrasah di kegiatan Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM Mempawah Kalimantan Barat 0004 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Mempawah, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Senin 21 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ketua Kelompok Kerja Madrasah KKMI Mempawah I, Saliman mengajak para kepala Madrasah Ibtidayah untuk bersinergi.

Pernyataan itu disampaikannya ketika memberikan sambutan pada kegiatan Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM Mempawah Kalimantan Barat 0004 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Mempawah, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Senin 21 November 2022 pagi.

“Saya mengajak seluruh kepala madrasah Ibtidaiyah yang tergabung dalam KKMI ini untuk selalu kompak dan bersinergi. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan KKMI. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Kita akan dapatkan ilmu yang baru sebagai bekal dalam memajukan madrasah,” ujar Saliman.

Lebih lanjut Kepala MIN 1 Mempawah ini menegaskan, dan memohon kerjasamanya kita semua untuk menyukseskan kegiatan ini.

Kepala Madrasah di Mempawah Harap Dukung Tujuh Program Prioritas Menteri Agama

"Kita diberi amanah untuk mengurus madrasah. Undangan itu jangan dianggap sebagai Fardu kifayah. Kegiatan KKMI ini merupakan kegiatan Fardu 'ain. Kita semua tinggal datang. Kegiatan ini bukan perbuatan yang sia-sia. Kita harus semangat mengikuti kegiatan ini," katanya.

"Apapun kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan KKG dan KKMI mohon kerjasamanya untuk selalu hadir. Banyak hal yang mesti kita musyawarahkan untuk memajukan madrasah,” tegas Saliman.

Dirinya melanjutkan, kegiatan KKMI ini nanti akan dilanjutkan pada tanggal 24 dan 25 November 2022.

"Kita menyesuaikan jadwal pembicara dari fasilitator provinsi Kalbar yang meminta kita menggelar kegiatan tersebut pada tanggal 24 dan 25 Nopember 2022 mendatang. Jadi, saya harapkan seluruh kepada madrasah yang tergabung dalam KKM 1 bisa bersama-sama menyukseskan kegiatan ini,” pinta Saliman.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kemenag Mempawah H. Hasib Arista, Kasi Pendidikan Madrasah Rudiansah, Pengawas madrasah Lina Herlina, para kepala madrasah.

Lima Kompetensi

Pengawas Madrasah Kemenag Mempawah, Lina Herlina menegaskan pentingnya kepala madrasah dan guru meningkatkan kompetensi.

Hal itu disampaikan Lina Herlina saat memberikan materi pada kegiatan Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM Mempawah Kalimantan Barat 0004 dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Mempawah, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Senin 21 November 2022 pagi.

Lina Herlina mengingatkan lima kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala madrasah.

“Kepala madrasah harus meningkatkan lima kompetensi, yakni kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial,” ujarnya.

Sedangkan guru, lanjut Lina Herlina sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 harus menguasai empat kompetensi, yaitu Pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

“Meski tidak ada bantuan dari world bank, kegiatan KKMI dan KKG harus tetap harus dilaksanakan. Bisa menggunakan dana BOS. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi. Harus disiplin dan menjadi panutan bagi guru dan anak didik,” tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved