Komitmen Tingkatkan SDM, Kepala Desa se-Kabupaten Landak Ikuti Pendidikan dan Pelatihan

Kegiatan itu buka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Landak, Ocin di UPT Diklat Dinas Tanaman Pangan dan Ho

Istimewa
Pendidikan dan Pelatihan Kepala Desa se-Kabupaten Landak Tahun 2022, di UPT Diklat Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di Anjungan, Kabupaten Mempawah, Senin 21 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kepala Desa se-Kabupaten Landak Tahun 2022.

Kegiatan itu buka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Landak, Ocin di UPT Diklat Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di anjungan, Kabupaten Mempawah, Senin 21 November 2022.

Dikatakan Staf Ahli Bupati Landak, Ocin berharap dengan dilaksanakannya diklat itu, dapat mewujudkan kepala desa yang profesional, kreatif, dan inovatif dalam menjawab tantangan pembangunan kedepan khususnya di Pemerintahan Desa.

Pj Bupati Landak Minta Perusahaan Perkebunan Urus Izin HGU

Pj Bupati Samuel Beri Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD di Rapat RAPBD Landak 2023

Lebih lanjut, Ocin menyebut Desa dalam menjalankan perannya membutuhkan SDM yang produktif, handal, profesional dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa. Maka peningkatan kemampuan aparatur desa sangat diharapkan agar mampu menjalankan peran/tugas secara optimal sesuai dengan peran dan fungsinya

"Para Kepala Desa harus selalu siap menghadapi potensi perkembangan isu dan masalah. Sebab seperti yang kita ketahui, tantangan kerja bagi Pemerintah Desa di masa depan dalam bidang apapun akan menjadi semakin berat," kata Ocin.

Kades diminta untuk dapat memperdalam pemahaman terhadap tugas, fungsi, dan wewenang sebagai kepala desa. Selain itu juga harus memahami regulasi-regulasi yang ada sehingga risiko kesalahan administrasi akan terhindari.

"Jangan ada kegiatan fiktif, berdayakan tenaga pendamping yang telah pemerintah siapkan serta selalu berkonsultasi dengan camat dan OPD teknis terkait penyelenggaraan pemerintahan desa. Tanggung jawab yang ada di pundak bapak/ibu sangat menentukan kemajuan bagi desa bapak/ibu sendiri terlebjh lagi bagi pemerintahan di Kabupaten Landak," pungkasnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved