Lokal Populer

Banyak Pengendara Santai Melanggar Lalulintas Pasca Penerapan ETLE

semenjak tidak dilakukan tilang elektronik, banyak pengendara yang terpantau dengan santainya melakukan pelanggaran lalulintas

Penulis: Ferryanto | Editor: Destriadi Yunas Jumasani
Tribunpontianak.co.id/ka
Contoh Surat Tilang ETLE 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Mengikuti arahan Kapolri, Satlantas Polresta Pontianak saat ini tidak melakukan penilangan secara manual.

Dengan tidak dilakukannya tilang manual, Satlantas Polresta Pontianak berfokus memberikan teguran dan memasifkan sosialisasi tentang keamanan dan ketertiban berlalulintas.

Namun, diakui Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Aulia Hadiputra, semenjak tidak dilakukan tilang elektronik, banyak pengendara yang terpantau dengan santainya melakukan pelanggaran lalulintas, bahkan dilakukan di depan petugas.

"Banyak sekali secara kasat mata ada pengendara yang melanggar aturan lalulintas, bahkan di depan petugas dengan santainya melanggar aturan,tentu kamu sangat menyangkan pengendara seperti itu,"ungkap Kompol Aulia Hadiputra, Senin 21 November 2022.

Persiapan dan Rangkaian Acara BIMP-EAGA ke-25 di Kalimantan Barat

"Kami harapkan walaupun tidak kita lakukan tilang manual pengendara di Kota Pontianak tetap terus tertib dalam berkendara melengkapi atribut keselamatan dan surat - surat kendaraan," pesannya.

Kompol Aulia kembali menjelaskan bahwa bila pihaknya mendapatkan pelanggaran kasat mata, maka akan memberikan teguran tertulis, harapannya agar masyarakat tetap paham pentingnya berkendara secara tertib.

Sembari menunggu Polresta Pontianak mempersiapkan sarana dan prasarana tilang Elektronik, Kompol Aulia Hadiputra menyampaikan pihaknya merencanakan untuk sementara waktu akan memanfaatkan kamera - kamera yang dimiliki petugas seperti handphone dan sebagainya untuk merekam pelanggaran yang dilakukan warga.

Kemudian, warga yang terekam tersebut akan diidentifikasi dan selanjutnya dilakukan proses tilang elektronik.

"Ini masih tahapan perencanaan, dan ini sangat memungkinkan untuk diterapkan, terkhusus di Kota Pontianak yang merupakan ibukota Provinsi," ujarnya.

Ajak Tertib Berlalulintas

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar telah menerapkan tilang elektronik di Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak.

Di Kota Pontianak, penerapan kawasan tilang elektronik berada di sepanjang jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak, serta jalan Adisucipto.

Anggota DPRD Kota Pontianak Mardiana menyampaikan bahwa pihaknya mendukung upaya kepolisian dalam menertibkan masyarakat Kota Pontianak dalam berlalulintas tersebut.

"Saya sebagai masyarakat sangat mendukung Program tersebut, karena ini program pemerintah untuk kebaikan bersama," tuturnya Senin 21 November 2022.

Ia menilai, dengan diterapkannya Tilang Elektronik maka dapat semakin menertibkan masyarakat, selain itu dengan mencegah terjadinya pungli oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kepada masyarakat, ia berpesan sesibuk apapun ataupun seberat apapun masalah yang sedang dihadapi, untuk tetap dapat mengutamakan ketertiban dalam berlalulintas.

"Apapun permasalahan yang sedang dihadapi, saya berharap masyarakat tetap patuhi peraturan lalu lintasnya, karena nyawa itu tidak ada cadangan," ujarnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved