Lokal Populer

Kanopi Pejalan Kaki di Bandara Supadio Porak Poranda Dihantam Angin Puting Beliung

Kanopi yang roboh tersebut adalah kanopi parkiran kendaraan, yang berjarak kurang lebih 150 meter dari bangunan inti bandara.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferlianus Tedi Yahya
Tampak deretan kanopi parkiran Bandara Supadio roboh akibat angin kencang yang terjadi di area bandara Supadio Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Jumat 18 November 2022 sekitar pukul 11:30 WIB. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Kalimantan Barat, satu diantaranya terjadi di area Bandara Supadio Kabupaten Kubu Raya, mengakibatkan kanopi pejalan kaki porak poranda pada Jumat 18 November 2022 sekitar pukul 11.30 WIB.

Dari pantauan Tribun Pontianak di lokasi sekira pukul 12.50 WIB, memang tampak sebuah kanopi yang roboh, namun diketahui kanopi tersebut bukan berasal dari bangunan inti bandara supadio.

Kanopi yang roboh tersebut adalah kanopi parkiran kendaraan, yang berjarak kurang lebih 150 meter dari bangunan inti bandara.

Tak hanya itu, tampak 1 buah tiang listrik juga ikut tumbang akibat kencangnya angin yang melanda Bandara Supadio.

Rumah Betang Sibau Hilir Kapuas Hulu Diterjang Angin Puting Beliung, 4 Pintu Atap Rusak

Namun demikian, kanopi yang roboh sudah mulai dibersihkan oleh petugas bandara dengan menggunakan satu buah truk pengangkut barang, untuk memindahkan bangunan yang roboh.

Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade Surdiansyah menyampaikan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada sekira pukul 11.00 WIB.

"Akibat cuaca ektrim hujan disertai angin kencang, Fasilitas penunjang Bandara Supadio yang rusak adalah kanopi untuk pejalan kaki dengan panjang kanopi yg rusak sekitar 50 meter dan 1 buah tiang lampu penerangan jalan yang berada di area parkir mobil," ungkapnya saat dikonfirmasi Tribun Pontianak.

Kendati kerusakan fasilitas penunjang berupa kanopi porak poranda, dikatakan Aipda Ade tidak ada korban jiwa ataupun luka pada peristiwa tersebut.

"Akibat dari robohnya tiang penyangga tersebut tidak menyebabkan korban jiwa namun hanya menyebabkan kerugian materiil dengan estimasi puluhan juta rupiah," terangnya.

Kecepatan Angin

Beberapa wilayah Kalimantan Barat hari ini terdampak hujan deras dan angin kencang, adapun angin kencang memporak-porandakan kanopi pejalan kaki Bandara Supadio Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas I Supadio Pontianak, Sutikno menjelaskan kecepatan angin saat itu menghempas kanopi pejalan kaki bandara supadio dengan kecepatan mencapai 61 km/jam.

"Tercatat di Supadio sampai 61 km/jam tadi," katanya saat dikonfirmasi pada Jumat 18 November 2022.

BPBD Kayong Utara Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Ia juga menjelaskan beberapa wilayah yang terdampak akibat angin kencang yang terjadi hari ini.

"Wilayah yang terdampak angin kencang hari ini cukup luas antara lain di Kabupaten/Kota Kubu Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Bengkayang, Singkawang, Landak, Kayong Utara, Ketapang, Sambas dan Sanggau," katanya.

Dengan adanya kondisi cuaca ekstrem yang masih akan terjadi beberapa hari ke depan, Sutikno juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

"Dengan kondisi tersebut diimbau kepada Masyarakat Kalimantan Barat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi yang mungkin saja terjadi, seperti pohon tumbang, banjir ataupun tanah longsor," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved