Lokal Populer

Sejumlah Nama Calon PJ Wali Kota Singkawang

akan berakhirnya masa jabatan Wako Singkawang tersebut, sejumlah nama telah digadang-gadang untuk diusulkan menjadi calon PJ Wali Kota Singkawang

Pemkot Singkawang
Logo Pemkot Singkawang 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Masa Jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Irwan akan berakhir pada 17 Desember 2022 nanti.

Mengingat akan berakhirnya masa jabatan Wako Singkawang tersebut, sejumlah nama telah digadang-gadang untuk diusulkan menjadi calon PJ Wali Kota Singkawang oleh sejumlah Fraksi di DPRD Singkawang.

Beberapa nama calon PJ Wali Kota yang berhasil Tribun himpun dari sejumlah Ketua Fraksi DPRD Singkawang yakni, Fery Madagaskar (Sekda Kabupaten Sambas), Sumastro (Sekda Kota Singkawang).

Lalu ada tiga nama dari Pejabat di Lingkungan Pemprov yakni Linda Purnama (Asisten I Setda Provinsi Kalbar), Syarif Kamaruzaman (Kadisperindagkop ESDM Provinsi Kalbar) dan Ani Sofian (Kepala Dinas Kepegawaian Provinsi Kalbar).

Pemberian Penghargaan Kota Singkawang Sebagai Kota Konstitusi

Dikonfirmasi oleh Tribun kepada Kepala BKD Provinsi, yakni Ani Sofian yang juga masuk dalam daftar nama yang digadang-gadang telah diusulkan oleh DPRD Singkawang, ia menyampaikan bahwa DPRD Singkawang memang diberi kewenangan untuk mengusulkan 3 nama ke Mendagri.

Dimana paling lambat pengusulan nama ini pada 18 November 2022 yang harus sudah masuk ke Mendagri.

“Saya benar-benar tidak tau kalau nama saya masuk, karena memang wewenang sepenuhnya dari DPRD kota Singkawang,”ujarnya kepada Tribun Pontianak melalui pesan Whatssap, Selasa 15 November 2022.

Ani mengatakan kalaupun nama dirinya masuk sebagai usulan PJ Wako Singkawang, tentu ia mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada DPRD kota Singkawang.

Akan tetapi dijelaskannya bahwa kewenangan untuk menetapkan PJ Wali Kota maupun bupati adalah kewenangan Mendagri, dan Gubernur yang akan melantik.

“Kalau saya yang ditetapkan Mendagri dan dilantik Pak Gubernur tentu saya akan bekerja dengan sangat baik, bekerjasama dengan DPRD kota Singkawang untuk membangun kota Singkawang seperti yang diinginkan masyarakat kota Singkawang, dan sebagai bagian dari Pemprov Kalbar tentu arahan dan petunjuk Pak Gubernur sangat diperhatikan, demikian juga dengan pemerintah pusat,”jelasnya.

Pembangunan juga dikatakannya harus dilakukan secara bersinergi tanpa itu sumberdaya yang ada tidak termanfaatkan secara optimal.

Dikonfirmasi terpisah melalui telepon oleh Tribun Pontianak , satu nama lagi yang digadang-gadang telah diusulkan menjadi PJ Wako Singkawang yakni Linda Purnama yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Setda Provinsi Kalbar.

Linda mengakui bahwa sejauh ini belum mengetahui mengenai ajuan nama tersebut yang diajukan oleh DPRD Kota Singkawang sebagai PJ Wako Singkawang.

Ia mengatakan tentu itu menjadi kewenangan dari DPRD Kota Singkawang, dikatakannya bahwa mungkin saja DPRD Singkawang mendengarkan dari aspirasi masyarakat Kota Singkawang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved