Lokal Populer

Pemberian Penghargaan Kota Singkawang Sebagai Kota Konstitusi

Gelar Kota Konstitusi itu diterima Kota Singkawang karena dinilai telah mengembangkan dan membudayakan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Humas Pemkot Singkawang.
Ketua Mahkama Konstitusi (MK) RI, Prof. Dr. Anwar Usman memberikan anugerah Kota Konstitusi kepada Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Auditorium Untan. Sabtu 12 November 2022. /Humas Pemkot Singkawang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kota Singkawang mendapat penghargaan sebagai Kota Konstitusi. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi ( MK ) RI, Prof. Dr. Anwar Usman kepada Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Auditorium Untan belum lama ini.

Gelar Kota Konstitusi itu diterima Kota Singkawang karena dinilai telah mengembangkan dan membudayakan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 agar mewujud dan selalu mengaliri sendi-sendi peri kehidupan seluruh warga oleh Mahkamah Konstitusi.

Ternyata, Wali Kota Tjhai Chui Mie memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan dan membudayakan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 tersebut, yakni dengan pendekatan perspektif.

Tjhai Chui Mie menjelaskan, pihaknya melakukan pendekatan perspektif konstitusi terhadap semua etnis, agama, budaya, dan sistem sosial di Kota Singkawang, sehingga memiliki status dan derajat yang sama satu dengan yang lainnya.

Lima Nama Ini Digadang-gadang Masuk Usulan Calon PJ oleh Fraksi DPRD Singkawang

Sebagai kota yang sudah mendapatkan penghargaan sebagai kota tertoleran, lanjut Tjhai Chui Mie tentu bukan hal sulit untuk menerapkan konstitusi berdasarkan nilai nilai Pancasila dan UUD 1945.

Salah satu penerapannya, ia katakan, adalah dalam pembangunan Singkawang, terutama bentuk fisik seperti bangunan perkantoran dan lainnya yang mencerminkan nilai-nilai yang ada pada etnis-etnis di Kota Singkawang.

Pemerintah Kota Singkawang, lanjutnya, merasa bangga mendapatkan anugerah sebagai Kota Konstitusi dari Mahkamah Konstitusi RI ini.

"Semoga dengan ditetapkannya Singkawang sebagai kota konstitusi, semakin meningkatkan persatuan dan keutuhan kita dalam menjalankan kehidupan yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," kata Tjhai Chui Mie.

Dirinya berharap dengan diterimanya prestasi Kota Konstitusi ini, semakin meningkatkan persatuan dan keutuhan dalam menjalankan kehidupan yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan konstitusi UUD 1945.

Kagum Dengan Kota Singkawang

Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Prof. Dr. H Anwar Usman menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Kota Singkawang, Sabtu 12 November 2022.

Setibanya di Kota Pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat, Anwar Usman bersama sang istri, Idayati yang merupakan adik Presiden Jokowi, disambut langsung oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Tiga Nama Pejabat di Lingkungan Pemprov Digadang-gadang Diajukan Sebagai PJ Wako Singkawang

Di Kota Singkawang, Anwar Usman langsung mendatangi Rumah Marga Tjhia yang legendaris sekaligus menyicipi Choi Pan, makanan tradisional khas di Kota Singkawang.

Kepada Tribun Pontianak, dirinya mengatakan Choi Pan tersebut lezat, bahkan saat menyantap Choi Pan, Anwar Usman sempat mengacungkan jempol.

"Bukan cuma enak, tapi sangat-sangat enak," jawab Anwar Usman kepada Tribun Pontianak saat ditanya tentang cita rasa Choi Pan, Sabtu 12 November 2022.

Selain itu, Anwar Usman menerangkan, dirinya sangat kagum dengan pemandangan di Kota Singkawang.

Bahkan, ia menyesal tidak dari dulu datang ke Kota Singkawang, meski sudah tahu tentang Kota Singkawang sejak dulu lewat laporan-laporan sewaktu masih menjabat sebagai Kabiro Mahkama Agung sekitar tahun 2002 - 2006 lalu.

"Waktu Eselon 1, saya tahu Kota Singkawang dari buku dan laporan, belum pernah kesini. Sekali sudah kesini, nyesal saya kenapa tidak dari dulu," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved