Lima Nama Ini Digadang-gadang Masuk Usulan Calon PJ oleh Fraksi DPRD Singkawang

fraksi PDI-Perjuangan juga mengusulkan tiga nama, di mana salah satu nama yang diusulkan adalah Seketaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
net
Ilustrasi logo Pemkot Singkawang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Akhir masa jabatan Kepala Daerah di Kota Singkawang sudah di depan mata. Periode pertama kepemimpinan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan akan segera berakhir pada 17 Desember 2022 mendatang.

Jabatan Kepala Daerah di Kota Singkawang tersebut kemudian akan digantikan oleh seorang Pejabat (PJ) Kepala Daerah, hingga Pemilihan Kepala Daerah selanjutnya dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Seperti yang disebutkan dalam UU No. 10 Tahun 2016 dalam Pasal 201 Ayat (11), PJ Kepala Daerah di Singkawang dapat diisi oleh jabatan Pimpinan Tinggi Pratama seperti Eselon II a dan Eselon II b.

Selain diusulkan oleh Gubernur Kalimantan Barat, nama-nama calon PJ juga diusulkan oleh DPRD Kota Singkawang ke Kemendagri untuk dipilih Presiden.

Tiga Nama Pejabat di Lingkungan Pemprov Digadang-gadang Diajukan Sebagai PJ Wako Singkawang

Gubernur Sutarmidji Sudah Kirim Usulan Nama PJ Wali Kota Singkawang, yang Jelas Eselon II A

Belakangan, sejumlah nama telah digadang-gadang untuk diusulkan menjadi calon PJ Kepala Daerah oleh sejumlah Fraksi di DPRD Singkawang.

Berberapa nama calon PJ Wali Kota yang berhasil Tribun himpun dari sejumlah Ketua Fraksi DPRD Singkawang yakni, Fery Madagaskar (Sekda Kabupaten Sambas), Sumastro (Sekda Kota Singkawang), Linda Purnama (Asisten I Setda Provinsi Kalbar), Syarif Kamaruzaman (Kadisperindagkop ESDM Provinsi Kalbar) dan Ani Sofian (Kepala Dinas Kepegawaian Provinsi Kalbar).

Ketua Fraksi Gerindra dan Demokrat, Dido Sanjaya mengatakan, sepengetahuannya sejumlah fraksi termasuk fraksi Gerindra dan Demokrat di DPRD Singkawang sudah menyampaikan usulan nama untuk menjadi PJ Wali Kota Singkawang.

"Semua nama sudah disampaikan, tinggal diproses untuk diusulkan ke pimpinan nantinya, jika dari fraksi kami ada tiga nama yang diusulkan," terang Dido, Selasa 15 November 2022.

Nama-nama yang diusulkan tersebut, Dido katakan, sudah memenuhi kriteria sesuai aturan Undang-Undang.

Yakni undang-undang No.10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang dalam Pasal 201 Ayat (10) dan Ayat (11). Di mana Penjabat Bupati/Wali Kota berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II a dan Eselon II b) seperti yang disebutkan pada UU No. 10 Tahun 2016 dalam Pasal 201 Ayat (11).

Sementata itu, fraksi PDI-Perjuangan juga mengusulkan tiga nama, di mana salah satu nama yang diusulkan adalah Seketaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro.

"Sudah kita usulkan salah satunya pak Sumastro," ujar Sumian.

Di tempat berbeda, Ketua fraksi PKS, Sodi M Idris menyebutkan pihaknya juga sudah mengusulkan tiga nama.

Meski begitu, Sodi tidak menyebutkan secara gamblang nama-nama yang diusulkan oleh Fraksinya, sebagai gantinya, ia hanya menyebutkan inisial dari tiga nama yang diusulkan, yakni FM, SK dan SM.

"Inisialnya saja ya, yang diusulkan inisialnya FM, SK, dan SM," ujarnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Karya Solidaritas Amanat Pembangunan (KSAP) DPRD Singkawang, Elzi Syayid menyampaikan pihaknya juga sudah mengusulkan tiga nama, namun, dirinya enggan menyebutkan secara gamblang nama-nama tersebut.

"Ada nama nama itu yang kami usulkan untuk selanjutnya kami sampaikan ke pimpinan DPRD Singkawang," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved