Peringatan HKN Ke-58, Diskes Provinsi Kalimantan Barat Launching Inovasi Membara dan Germas

"Kita juga sudah melaksanakan giat sosial Operasi Bibir Sumbing di Rumah Sakit dr. Soedarso, pada 11-12 November 2022 terhadap 9 pasien,”ujarnya.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Adpim Provinsi Kalbar
Foto bersama Wagub Ria Norsan usai melaunching dua inovasi Diskes Provinsi dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang dipusatkan di Halaman Depan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Minggu 13 Novembef 2022.// Adpim Provinsi Kalbar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melaunching dua inovasi dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke-58 yang dipusatkan di Halaman Depan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Minggu 13 Novembef 2022.

Adapun inovasi yang dilaunching “Sehat Membara (Setiap Hari Jum'at Minum Tablet Tambah Darah ) di Sekolah, dan yang kedua Program Desa Mandiri Sehat ( GERMAS ).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wagub Ria Norsan bersama istri, Sekda Provinsi Harisson, Ketua PKK Provinsi Kalbar Lismaryani Sutarmidji, Perwakilan dari DPRD Provinsi, OPD Pemprov Kalbar, Ormas dibidang Kesehatan, dan dari Perguruan Tinggi di bidang Kesehatan di Pontianak.

Setelah melaunching Invoasi oleh Wagub Ria Norsan didampingi istri, dan Sekda Harisson serta Ketua PKK Provinsi melakukan peninjauan stand-stand yang melaksanakan berbagai pelayanan fasilitas kesehatan dan Vaksinasi kepada masyarakat.

Ratusan Anak Muda Meriahkan Pontianak Colour Fun Warnai Kota Kreatif

Tonton Kemeriahan Jalan Sehat Semarak Hari Asuransi Nasional di Taman Sepeda Untan Pontianak di Sini

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menyampaikan terkait program Membara salah satu manfaat dari pil penambah darah yang diminum pada usia sekolah adalah sebagai pencegahan dini supaya tidak terjadi stunting (gizi buruk) yang dialami oleh bayi yang baru lahir.

"Sebelum menikah biasanya diberikan juga pil penambah darah ini sebagai pencegahan dini terhadap stunting", ujar Ria Norsan.

Wagub Kalbar juga mengingatkan bahwa sekarang ini sedang masa transisi dari Pandemi kepada Endemi Covid-19, untuk itu ia turut mengajak semua masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, tetap ikuti protokol kesehatan, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Peringatan HKN ini. khususnya Kalimantan Barat untuk mengajak semuanya menerapkan hidup sehat, untuk itu lebih baik mencegah daripada mengobati,”ujarnya.

Dengan artian lebih bagus mencegah untuk tidak sakit daripada berobat dengan mengeluarkan biaya yang sangat besar. Ia menegaksan bahwa dengan hidup sehat dan bugar, dapat beraktivitas dengan sebaik-baiknya.

“Di peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 Tahun 2022 ini Kami atas nama Pemprov Kalbar mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan-insan kesehatan, yang berupaya semaksimal mungkin untuk tetap mengabdikan pikiran dan tenaga untuk menjaga kesehatan masyarakat Kalimantan Barat ini", ujarnya.

Ditempat yang sama pada sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan, bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 di tahun 2022 ini mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

Ia mengatakan tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama untuk bahu membahu, bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan lebih sehat.

"Pada kegiatan ini kita ingin menyampakkan pesan bahwa di masa transisi dari Pandemi ke Endemi ini, kita tidak boleh lengah, seluruh komponen bangsa, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, swasta, dalam upaya menjaga kesehatan untuk memprioritaskan, promotif, preventif, upaya-upaya pencegahan dan semakin menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat,”ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved