dr Rubini Pahlawan Nasional, Bupati Mempawah: Tokoh yang Harus Jadi Tauladan Generasi Millenial

Penganugerahan pahlawan nasional kepada lima tokoh itu karena dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI.

Penulis: Ramadhan | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Cucu almarhum dr Rubini Natawisastra, Rubi Rubini (baju batik) bersama rombongan saat mengunjungi RSUD dr Rubini Mempawah, didampingi Bupati Mempawah, Erlina, pada pertengahan November 2021 lalu 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Presiden Jokowi resmi menganugerahkan gelar pahlawan nasional ke lima tokoh yang dinilai berjasa bagi bangsa dan negara, dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin 7 November 2022.

Lima tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional di Istana Negara yakni:

1. DR dr HR Soeharto dari Jawa Tengah.

2. KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam pada 1937-1989.

3. dr Raden rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat.

4. H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara.

5. KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Warga Mempawah Bangga dr Rubini Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional

Penganugerahan pahlawan nasional kepada lima tokoh itu karena dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI.

Seperti halnya juga diberikan kepada Almarhum dr Raden rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat.

Penganugerahan Pahlawan Nasional kepada dr Raden rubini Natawisastra dinilai karena beliau dinilai telah menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. Bahkan almarhum bersama istrinya dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas penganugerahan pahlawan nasional kepada dr rubini Natawisastra, Bupati Mempawah Erlina, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat atas dianugerahkannya gelar pahlawan nasional tersebut kepada dr Rubini.

Bahkan, di Mempawah nama dr rubini juga turut dijadikan sebagai nama Rumah Sakit dan nama Jalan yang ada di Kabupaten Mempawah.

"Sebagai kepala daerah dan atas nama masyarakat Kabupaten Mempawah, saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan penganugerahan Pahlawan Nasional kepada dr Rubini atas segala jasa-jasa beliau di masa perjuangan kemerdekaan," katanya, Selasa 8 November 2022.

Erlina menyampaikan, perjuangan yang digaungkan oleh masyarakat Kalimantan Barat tidak sia-sia dan dipertimbangkan serta diwujudkan oleh Pemerintah Pusat dengan penganugerahan Pahlawan Nasional.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved