Warga Mempawah Bangga dr Rubini Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional

Susanto yang juga merupakan Ketua DPW LDII Kalbar mengatakan, penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu menjadi bukti bahwa jasa-jasanya (dr Rubini)

Penulis: Ramadhan | Editor: Faiz Iqbal Maulid
http://rsudrubini.com/
Foto dr rubini Natawisastra asal Kalimantan Barat yang dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia hari ini Senin 7 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Salah satu Tokoh Masyarakat Kabupaten Mempawah, Susanto, sangat mengapresiasi Pemerintah Pusat yang telah menganugerahkan dr rubini Natawisastra sebagai pahlawan nasional.

"Sebagai warga Mempawah, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah menganugerahkan dr rubini Natawisastra sebagai pahlawan nasional," ujar Susanto saat ditemui di Mempawah, Senin 7 November 2022

Susanto yang juga merupakan Ketua DPW LDII Kalbar mengatakan penganugerahan gelar pahlawan nasional itu menjadi bukti bahwa jasa dr rubini dalam pergerakan kemerdekan diakui dan diapresiasi pemerintah.

"Sungguhpun dr rubini yang lahir di Bandung pada 31 Agustus 1906, adalah putra bangsa yang memiliki basic keilmuan sebagai seorang dokter, namun tidak dipungkiri perjuangannya cukup besar dalam pergerakan kemerdekaan," ujarnya.

Juru Kunci Makam Juang Mandor Teteskan Air Mata Haru dr Rubini Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Susanto mengatakan, dengan penganugerahan ini menjadi kado manis bagi masyarakat Mempawah, karena selama ini baru sebatas penyematan nama untuk Rumah sakit dan nama jalan.

"Selama bertugas menurut keterangan dari berbagai sumber selama mengabdi sebagai dokter di Kalimantan Barat, dirinya juga bekerja tanpa pamrih dan diantaranya banyak membantu rakyat," ujarnya.

Susanto berharap, penganugerahan ini menjadi motivasi masyarakat Kalbar umumnya dan Mempawah khususnya untuk melahirkan sosok dr Rubini yang lain. 

"Semangat perjuangan dan pengabdian patut diabadikan dengan dijadikan inspirasi bagi siapapun. Sekecil apapun pengabdian seseorang akan sangat berharga bagi bangsa dan negara," tutupnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Pusat akan memberikan penghargaan Pahlawan Nasional kepada 5 Tokoh, terdiri dari:

1. Dr dr HR Soeharto (Jawa Tengah)

2. KGPAA Paku Alam VIII (Daerah Istimewa Yogyakarta)

3. dr Raden Rubini Natawisastra (Kalimantan Barat)

4. H Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara)

5. KH Ahmad Sanusi dari Sukabumi, Jawa Barat. 

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved