Lokal Populer

Diskusi Publik Tentang Rancangan Perbup Perkebunan Sawit di Kabupaten Melawi

hal ini berkaitan dengan mandat penyusunan peraturan Bupati terkait pembangunan kebun masyarakat dan kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit di Melawi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/David Nurfianto
FOTO - Diskusi publik tentang Draft Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Petunjuk Pelaksanaan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat dan Kemitraan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit yang di gelar World Wide Fund for Nature (WWF) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi di Ruang Pertemuan Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Minggu 06 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - World Wide Fund for Nature ( WWF ) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melaksanakan diskusi publik tentang Draft Rancangan Peraturan Bupati ( Perbup ) tentang Petunjuk Pelaksanaan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat dan Kemitraan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Melawi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus di Ruang Pertemuan Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Minggu 6 November 2022.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Koordinator WWF Indonesia wilayah Sintang Melawi, Muhammad Munawir, Para Kepala OPD, WWF Indonesia wilayah Sintang dan Melawi, Para Camat, Tokoh Masyarakat dan LSM Lingkungan Hidup

Koordinator WWF Indonesia wilayah Sintang Melawi, Muhammad Munawir menyampaikan diskusi publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Melawi bersama WWF Indonesia ini merupakan hal penting.

BREAKING NEWS - Pencurian di Toko Emas Elisa Putussibau Kapuas Hulu, Pelaku Larikan 3 Kilogram Emas

Dimana, kata dia hal ini berkaitan dengan mandat penyusunan peraturan Bupati terkait pembangunan kebun masyarakat dan kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit di Melawi.

Menurutnya, Perbup ini sangat perlu didiskusikan guna mendapatkan aturan yang baik bagi semua pihak.

“Saya berharap melalui diskusi ini akan adanya masukan dari berbagai pihak terutama pihak perusahaan, KUD, dan tokoh masyarakat dalam menuangkan secara kontekstual aturan seperti apa yang baik untuk semua pihak," katanya.

Nilai Penting

Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus mengatakan bahwa pembahasan Draft Rancangan Peraturan Bupati ( Perbup ) Tentang Petunjuk Pelaksanaan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat dan Kemitraan Usaha Perkebunan Kelapa sawit di Kabupaten Melawi penting dilakukan bersama banyak pihak.

Menurutnya, sangat perlu keterlibatan semua pihak untuk membuat regulasi hukum yang baik untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Saya yakin dan percaya dengan pengalaman dan ilmu saudara sekalian, produk hukum yang dihasilkan akan dapat membuat peraturan yang baik untuk mensejahterakan rakyat," ujarnya kepada awak media usai diskusi publik di Ruang Pertemuan Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Minggu 06 November 2022.

Lebih lanjut, Sekda Melawi menyampaikan bahwa dengan segala persoalan yang mungkin ditemukan dalam pembahasan ini, masing-masing pihak, baik masyarakat, perusahaan dan stakeholder lainnya.

Untuk itu, Ia berharap seluruh stakeholder yang ada dapat saling berkomunikasi dan sinkronasi untuk meminimalisir persoalan.

Kemudian, Sekda turut mengimbau kepada semua pihak terkait untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini.

"Untuk melihat literasi dan referensi dari tempat-tempat lainnya yang bisa diterapkan di Kabupaten Melawi," tegasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved