Pemprov Kalbar Bakal Bangun 24 SMA/SMK Merata di Kalbar Tahun 2023

Dari 24 sekolah tersebut, dua diantaranya bakal dibangun di Kayong Utara yang terletak di Pulau Maya dan di Melano.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Faiz Iqbal Maulid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji didampingi Kadisdikbud Provinsi, dan Wawako Pontianak meresmikan Gedung B SMA Negeri 10 Pontianak, yang berada di Jalan Karya Pontianak, Selasa 1 November 2022. Sutarmidji menyebut bahwa Pemprov akan membangun 24 SMA/SMK di Kalbar pada 2023 mendatang 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyampaikan pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi akan membangun kurang lebih 24 SMA/SMK di Kalbar.

Dari 24 sekolah tersebut, dua diantaranya bakal dibangun di Kayong Utara yang terletak di Pulau Maya dan di Melano.

“Kita akan lihat sesuai dengan apa yang  dibutuhkan,” ujar Sutarmidji saat melakukan kunjungan kerja ke Kayong Utara, dan ke Kabupaten Ketapang, Sabtu 5 November 2022.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Rita Hastarita mengatakan memang akan ada sebanyak 24 unit sekolah baru yang akan di bangun di 14 Kabupaten/Kota di tahun depan. Pembangunan ini merata dilakukan disemua Kabupaten/Kota.

Sutarmidji Lepas Pawai Takruf MTQ KE-XXX, Harap Qori Harumkan Kalbar Hingga Kancah Internasional

Rita menyebut terkait lahan sendiri sudah dipersiapkan oleh Pemkab dan Pemkot masing masing. 

“Kami hanya menyediakan anggaran untuk pembangunan. Persyaratan untuk membangun sekolah tersebut minimal ada tiga SMP disekitarnya. Jadi sudah kita kaji mana yang ada SMP nya. akan tetapi tidak ada SMA atau SMK maka disitu kita bangun,” ungkapnya.

Rita mengatakan ketersediaan anggaran menjadi penting. Selain itu, rehab ratusan sekolah juga telah dianggarkan untuk tahun depan.

Di sisi lain, Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad menyampaikan Kecamatan Simpang Hilir dan Kecamatan Kepulauan Karimata akan mendapatkan pembangunan SMA dari Gubernur Kalbar

“Pada 18 hingga 20 November nanti saya akan mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar untuk mensurvei lokasi di Kecamatan Simpang Hilir dan Kepulauan Karimata,” ujarnya saat mendampingi Sutarmidji kunker ke Kayong Utara.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang, Farhan menyampaikan pula bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar berencana akan membangun dua SMK terpadu di Kabupaten Ketapang

“Satu di Kecamatan Matan Hilir Utara dan satu di Kecamatan Benua Kayong. Rencananya tahun depan akan dibangun untuk lahan kita yang sediakan,” pungkasnya saat menyambut kedatangan Sutarmidji di Ketapang.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved