Lokal Populer

Optimis Kopi Liberika Kayong Utara Mampu Tembus Pasar Turki

KJRI Istanbul Turki, Imam As'ari menyampaikan optimis bahwa Kopi liberika Kayong Utara diharapakan bisa menembus pasaran Turki

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Bupati Kayong Utara, Citra Duani menemui dan menampilkan Kopi Liberica Kayong Utara untuk KJRI Istanbul Turki, Imam As'ari. Kamis 3 November 2022. TRIBUN PONTIANAK/Istimewa. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani telah bertemu KJRI Istanbul Turki, Imam As'ari membahas tentang Kopi liberika Kabupaten Kayong Utara.

Mengenai hal ini, Bupati Citra Duani mengucapkan terima kasih atas apresiasi serta dukungan dari pihak KJRI Istanbul Turki atas kopi ini.

Citra menegaskan, siap untuk melakukan kerjasama perdagangan dengan Pemerintah melalui KJRI Turki mengenai ini.

"Kita telah memproses usulan dengan pemerintah Indonesia, untuk dapatkan legalitas Indikasi Geografis (IG) melalui Kementerian Hukum dan HAM,” ujar Bupati Citra. Kamis 3 November 2022.

Lebih lanjut, kunker Bupati Kayong Utara ke Turki ini memenuhi undangan dalam mengikuti Pameran MUSIAD Exspo tahun 2022 terlaksana di Istanbul Turki.

Kemudian, KJRI Istanbul Turki, Imam As'ari menyampaikan optimis bahwa Kopi liberika Kayong Utara diharapakan bisa menembus pasaran Turki.

"Waktu dekat saya akan undang beberapa agen kopi di Turki. Bagi minat silahkan order,” kata Imam.

Menurut Imam, jika para pengusaha kopi baik robusta, maupun liberika hingga arabika berminat akan dilaksanakan pemesanan.

"Penting pengusaha kopi Kayong Utara saat ini, harus bersiap memenuhi pesanan,” ia menambahkan.

"Saya minta usahakan dalam waktu dekat, Pemda Kayong Utara bisa menyediakan sarana promosi,” tukasnya.

Rumah Kopi

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) turut serta dalam peresmian Rumah Kopi Paguyuban Petani Kopi Sukadana (PA’KOSU) yang telah menerima bantuan program PLN Peduli berupa peralatan produksi dan pelatihan.

Bertempat di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadan, Kabupaten Kayong Utara, peresmian ini turut dihadiri oleh Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) dan Wakil Bupati Kayong Utara. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti pada 30 Oktober 2022.

“Hari ini kita meresmikan Rumah Kopi melalui penandatanganan prasasti bersama dengan PLN, Kepala Balai, dan Kepala Desa Gunung Sembilan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved