Dokter Rubini Dinyatakan Sebagai Pahlawan Nasional, Disini Alamat Rumahnya Saat Tinggal di Pontianak

Penulis buku 'Biografi Dokter Raden Rubini Natawisastra', Muhammad Rikaz Prabowo, menjelaskan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi keluarga dr Rubini y

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Faiz Iqbal Maulid
http://rsudrubini.com/
Foto dokter Rubini pahlawan nasional Indonesia asal Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dokter Rubini resmi dinyatakan sebagai pahlawan nasional Indonesia asal Kalimantan Barat

Penulis buku 'Biografi Dokter Raden Rubini Natawisastra', Muhammad Rikaz Prabowo, menjelaskan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi keluarga dr Rubini yang berada di Pontianak.

Para anak dr Rubini pun semuanya sudah tiada, dan kini hanya tersisa cucu-cucunya yang menetap di Jakarta, salah satunya Dr. Giwo Rubianto Wiyogo.

Dokter Rubini Resmi Jadi Pahlawan Nasional asal Kalimantan Barat, Siapa Sebenarnya Dokter Rubini?

Seperti diketahui, pemerintah telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh pejuang dan pengisi kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk dr Rubini Natawisastra.

Pemerintah menganugerahkan gelar kepada kepada dr Raden Rubini Natawisastra karena dinilai telah menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan.

Bahkan, dr Rubini Natawisastra bersama istrinya kemudian dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain sebagai dokter keliling, Rubini Natawisastra merupakan pemimpin partai politik pada masanya dan bahkan memimpin gerakan dibawah tanah masyarakat Kalimantan Barat demi cita-cita kemerdekaan Indonesia melawan penjajah.

"Kalau anaknya sekarang sudah meninggal semua nggak ada lagi, tinggal cucunya." ucap Muhammad Rikaz Prabowo kepada Tribun Pontianak pada Jumat 4 November 2022.

"Memang waktu itu setelah masa Jepang, seluruh anak-anak dan keluarga dr Rubini dibawa dan diselamatkan ke Jawa semua," sambungnya.

Berdasarkan sumber yang ia ketahui, dahulunya dr Rubini tinggal disebuah rumah yang terletak di Jl Jendral Urip, No 6, Pontianak Kota. Dulunya pada jaman kolonial Belanda, jalan tersebut bernama Landraad Weg.

"Kalau rumahnya, duku itu rumah dr Rubini di Jl Jendral Urip. Waktu jaman Belanda itu namanya Jl Landraad Weg, No 6. Sekarang namanya Jl Jenderal Urip," tambahnya

"Kalau sekarang di Jl Jenderal Urip rumah no 6 ada, tapi apakah itu rumahnya dulu titiknya disitu, saya kurang tahu. Tapi rumahnya memang di Jalan Jendral Urip," terangnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved