Biodata Lengkap dr Rubini, Sang Pahlawan Nasional Asal Kalbar: Istri, Anak, Pendidikan dan Pekerjaan

Penganugerahan gelar dr rubini itu akan dilakukan di Istana Negara pada Senin 7 November 2022.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Faiz Iqbal Maulid
http://rsudrubini.com/
Foto dokter Rubini pahlawan nasional Indonesia asal Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sosok dr rubini asal Kalimantan Barat dianugerahi gelar pahlawan nasional pada Senin 7 November 2022.

Penganugerahan gelar dr rubini itu akan dilakukan di Istana Negara pada Senin 7 November 2022.

Masyarakat Kalimantan Barat pun terpukau dan bangga soal penganugerahan dr rubini yang merupakan putra Kalbar.

Lantas siapa sebenarnya dr rubini ini?

Dalam buku 'Biografi Dokter Raden rubini Natawisastra' karya Muhammad Rikaz Prabowo menceritakan banyak kisah hidup dr rubini.

Diketahui buku 'Biografi Dokter Raden Rubini Natawisastra' karya Muhammad Rikaz Prabowo tersebut, merupakan salah satu dokumen utama yang digunakan dalam pengusulan dr Rubini sebagai Pahlawan Nasional.

Saat ini dr rubini sendiri sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional Republik Indonesia berkat perjuangannya melawan penjajahan di Kalimantan Barat semasa hidupnya.

Sosok Muhammad Rikaz Prabowo, Guru Sejarah yang Hantarkan Gelar Pahlawan Nasional ke dr Rubini

Disebutkan, Raden rubini Natawisastra menerima pendidikan formal pertamanya di Hollandsch Inlandsche School (HIS) di Bandung dan lulus pada tahun 1919.

Beliau terlahir di tengah keluarga berpendidikan karena ayahnya seorang Mantri Guru di Normalschool Bandung. Oleh sebab itu pendidikan dipandang hal yang penting di dalam keluarga.

Sejak muda, rubini ingin menjadi dokter, selain karena saat itu dipandang sebagai pekerjaan yang  terpandang (baik), ia juga ingin menolong orang yang sakit karena saat itu akses kesehatan cukup sulit didapatkan (Wiyogo, 2022).

Akhirnya, ia pun mendaftarkan diri di School Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) di Batavia dan resmi diterima pada tahun 1920.

Selama tiga tahun pertama ia belajar di bagian persiapan, setelah berhasil lulus dengan baik, barulah ia belajar di bagian kedokteran selama 7 tahun (lulus 1930) (Mulder, 1930).

Berikut biodata lengkap dr rubini;

1. Nama : Dokter Raden rubini Natawisastra

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved