Aturan Naik Pesawat Terbaru Internasional - Daftar Jenis Makanan yang Kini Dilarang Dibawa Penumpang

Aturan Naik Pesawat terbaru terkait larangan membawa beberapa jenis makanan saat melakukan perjalanan udara khususnya ke luar negeri.

Editor: Rizky Zulham
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Ilustrasi pesawat terbang - Aturan Naik Pesawat Terbaru Internasional - Daftar Jenis Makanan yang Kini Dilarang Dibawa Penumpang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Simak Aturan Naik Pesawat terbaru terkait larangan membawa beberapa jenis makanan saat melakukan perjalanan udara khususnya ke luar negeri.

Kita perlu memperhatikan setiap barang yang dibawa, terutama makanan ketika bepergian naik pesawat dengan tujuan internasional.

Sebab ada beberapa negara yang melarang pengunjung yang masuk ke negara tersebut membawa makanan atau minuman tertentu.

Jangan sampai kejadian yang dialami pria asal Indonesia berikut ini sempat kita alami.

Terlihat Sepele! Jangan Lagi Asal Buang Boarding Pass Pesawat, Apalagi Unggah di Medsos

Akhir Oktober lalu, pria yang tidak disebutkan namanya itu bepergian dari Indonesia menuju Perth menggunakan pesawat terbang.

Namun ia diperiksa petugas imigrasi Australia, didenda Rp 26 juta dan dideportasi karena mencoba membawa makanan yang dilarang.

Menurut laporan Perthnow, pria tersebut membawa lebih dari 500 gram daging sapi beku, 800 gram ayam, 3,1 kg telur bebek dan 1,4 kg daging rendang.

Alasan di balik denda dan deportasi dari pihak Australia itu lantaran pria tersebut melanggar aturan keamanan pangan atau biosekuriti dengan membawa daging dalam jumlah besar dari negara yang tengah dilanda penyakit kuku dan mulut (PMK).

Di dalam kartu penumpang, pria tersebut juga tidak mengaku kalau dia membawa daging, unggas atau makanan lain ke negara itu.

Akibat sudah melanggar aturan dari Australia, visa yang dimiliki pria tersebut dibatalkan, sekaligus kena denda dan dideportasi.

Makanan yang dilarang selama penerbangan

Jika ada rencana untuk bepergian ke luar negeri, ada baiknya jika kita memerhatikan lagi setiap barang bawaan yang dibawa.

Jangan sampai kita sudah repot-repot membelinya, malah yang ada barang itu dilarang masuk ke negara tersebut, atau bisa jadi kita terkena denda.

Secara umum di dalam penerbangan, ada sejumlah makanan yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat dengan jumlah besar, berikut daftarnya:

Aturan Baru Naik Pesawat 2022 Lengkap Tata Cara yang Kini Wajib Dipatuhi Penumpang

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved