ASRI dari Indonesia Terima Penghargaan Ashden Award 2022 London, Berlokasi di Kayong Utara

ASRI ialah sebuah lembaga nirlaba berlokasi di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang bergerak di bidang kesehatan planetari di Kalim

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Penghijauan hutan di Kalimantan Barat, upaya mendukung pemerintah memulihkan lebih dari 280 hektar tanah hutan tropis yang terdegradasi dengan bekerja sama secara langsung dengan masyarakat lokal 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Nirbala Alam Sehat Lestari (ASRI) dinobatkan menjadi juara satu dalam ajang penghargaan Ashden Awards kategori Natural Climate Solutions, untuk kerja ASRI membantu masyarakat lokal mendapatkan mata pencaharian berkelanjutan sambil menjaga hutan, di London, Inggris.

Diketahui, ASRI adalah sebuah lembaga nirlaba berlokasi di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang bergerak di bidang kesehatan planetari di Kalimantan.

Mengenai hal ini, Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani menyampaikan bahwa penghargaan Ashden sangat kompetitif, dan ASRI menjadi satu-satunya organisasi penerima penghargaan yang berasal dari Asia. 

“Penghargaan ini merupakan suatu penghormatan kepada masyarakat lokal yang mana program-program ASRI adalah solusi yang lahir dari masyarakat, dan tentunya penghargaan untuk pemerintah yang memimpin upaya konservasi, serta para donor dan suporter yang telah mendukung pekerjaan ini,” ujar Nur Febriani pada Kamis 3 November 2022. 

Kapolres Kayong Utara Sosialisasikan Layanan Call Center Polri dan WA Center

Nur Febriani menuturkan harapannya, bahwa melalui penghargaai ini memunculkan kesadaran global akan kemampuan masyarakat lokal dalam melindungi dunia kita dari efek pemanasan global.

“Melalui pengelolaan hutan yang efektif, dan tentang pentingnya pendekatan holistik untuk memastikan hutan yang sehat dan juga masyarakat yang sehat,” tutupnya.

Ashden Awards terlaksana setiap tahun menampilkan inisiatif-inisiatif atau terobosan, dari pelopor iklim yang menunjukkan hal-hal apa saja yang mungkin dilakukan untuk beralih ke masa depan rendah karbon yang lebih adil. 

Badan amal solusi iklim tersebut, juga menjalin hubungan dengan penyandang dana, investor, pembuat kebijakan, dan lainnya, dan dengan demikian menyediakan sebuah platform global untuk menampilkan kerja para pelopor iklim tersebut.

Lebih lanjut, terpilihnya ASRI diantara lebih dari 200 organisasi yang mendaftar karena metode pendekatan Radical Listening yang unik dalam mengidentifikasi solusi dari deforestasi, perlindungan dan regenerasi hutan hujan dan keanekaragaman hayati. 

Untuk itu, menempatkan masyarakat lokal digaris depan sebagai pemegang kunci solusi. Solusi ini, mencakup pemberian pelayanan kesehatan masyarakat, pelatihan pertanian organik, dan pendidikan, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia sekaligus alam yang sehat dan lestari.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved