Dapat Stigma Negatif, Komunitas Peduli Sesama Bagikan Cerita Warga Binaan Lapas Perempuan Pontianak

Berbagai Stigma negatif itu kerab membuat mantan warga binaan atau narapidana kesulitan kembali beradaptasi dengan masyarakat.

Penulis: Ferryanto | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Komunitas Peduli Sesama saat berkunjung ke Lapas Perempuan Pontianak pada Rabu 26 Oktober 2022. Mereka membagikan cerita dan motivasi warga binaan di sana 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Mantan narapidana kerab mendapat Stigma negatif di masyarakat saat selesai menjalani masa Pidana di lembaga pemasyarakatan.

Berbagai Stigma negatif itu kerab membuat mantan warga binaan atau narapidana kesulitan kembali beradaptasi dengan masyarakat.

Berangkat dari permasalahan yang kerab dialami mantan narapidana itu, Komunitas Peduli Sesama, komunitas yang bergerak dibidang sosial melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pontianak.

Di Lapas Perempuan tersebut, seluruh anggota komunitas Peduli Sesama yang mengenakan pakaian khas Pontianak berkumpul bersama warga binaan di dalam Masjid Lapas.

Anggota Komunitas yang seluruhnya juga wanita saling bercengkrama, bercerita tentang berbagai permasalahan yang dialami.

Semarakkan KTT G20, Lapas dan Imigrasi Ketapang Gelar Jalan Sehat

Ketua Komunitas Peduli Sesama Sarini Vidya menyampaikan kegiatan di Lapas Perempuan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada warga binaan yang kerab mendapat stigma negatif di masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kami,mengingat masih tingginya stigma negatif masyarakat terhadap mereka, sehingga mereka juga butuh perhatian dan butuh diakui, pada kegiatan tersebut kami bercerita dan berbagi hati, sebagai bentuk kasih sayang dan peduli terhadap mereka,'' tuturnya pada Rabu 26 Oktober 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Sari menceritakan bahwa warga binaan sangat antusias dan sangat senang ada pihak - pihak yang memperhatikan mereka.

"Alhamdulillah mereka merasa lebih taat dan lebih dekat denga Allah SWT,,mereka juga memohon doa dari kami untuk bisa ikhlas menjalani semuanya dan mereka mohon doa agar dapat segera bebas,''ujarnya.

Dari Kunjungan ke Lapas perempuan dan saling berbagi cerita, Sarini Vidya menyampaikan bahwa banyak pelajaran hidup yang seluruh anggota dapat dan tidak didapat dari tempat lain.

"Hikmah yang dapat kami ambil bahwa setiap insan didunia ini sudah ditetapkan takdirnya masing - masing, mengambil hikmah dari setiap ujian yang diberikan oleh Allah adalah jalan terbaik, selalu prasangka baik kepada Allah, bahwa setiap ujian yang diberikan tidak akan melebihi batas kemampuan hambanya, kami dari team KPS slalu mendoakan agar saudara - saudara kami yang masih berada di Lapas selalu diberikan keikhlasan dalam menjalani hidup, semoga bdai akan cepat berlalu, selalu tetap tersenyum, mensyukuri apa yang telah ditetapkan Allah, keluar dari Lapas menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan sempurna,''tuturnya.

Pada pertemuan bersama warga binaan tersebut, Komunitas Peduli Sesama juga memberikan seperangkat alat sholat kepada warga binaan serta makan bersama, yang dilanjutkan berdoa bersama.

Kemudian, Komunitas Peduli Sesama juga memberikan bingkisan spesial kepada warga binaan yang telah Khatam Al Quran, serta taat menunaikan ibadah baik sholat wajib dan sunah.

Sarini Vidya menyampaikan pihaknya berencana untuk melakukan kunjungan rutin ke Lapas Perempuan sebagai bentuk dukungan moril kepada warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman.

"InsyaAllah akan kami agenda kan untuk satu hari bersama mereka melakukan kegiatan dengan tausiah, siraman rohani, mengaji, bersholawat, dan sebagainya,''harapnya.

Setelah dari Lapas Perempuan, seluruh Anggota Komunitas Peduli Sesama kemudian melanjutkan kegiatan ke Pondok Penghafal Al Quran Darul Amin, jalan kebangkitan Nasional Pontianak untuk memberikan motivasi kepada para santriwati penghafal Al Quran, pada kegiatan tersebut Komunitas Peduli Sesama juga memberikan Al Qur'an kepada para santri dengan harapan para santri akan lebih bersemangat dalam beribadah dan belajar.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved