Lokal Populer

Pemkab Sanggau Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir dan Kebakaran

Yohanes Ontot mengatakan bahwa meskipun kondisi air sudah mulai turun, tetapi merupakan kewajiban Pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Diskominfo Sanggau
Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 24 Oktober 2022. Diskominfo Sanggau. Ist. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot bersama Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 24 Oktober 2022.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan bahwa meskipun kondisi air sudah mulai turun, tetapi merupakan kewajiban Pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Hari ini kita meninjau langsung kondisi banjir yang ada di Kecamatan Tayan ini dan sekaligus menyerahkan beberapa bantuan berupa beras, susu, mie instan dan lain-lain. Kalau kita lihat air sudah mulai turun, tetapi kewajiban Pemerintah tetap harus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir ini,” kata Wabup Ontot.

Ontot meminta kepada para Kades untuk benar-benar mendata berapa jumlah korban yang terdampak, sehingga bantuan yang diberikan tersalur kepada orang yang tepat.

Disbunnak Sanggau Gelar Kegiatan Kick Off Project Henkel, Ini Tujuannya

“Kita dengar dari Kades tadi, bahwa masyarakat yang terdampak banjir ini tidak hanya karena rumahnya tergenang air, tetapi kebun masyarakat yang terkena banjir juga akan kita berikan bantuan, karena kebun karet yang terkena banjir tentu merugikan masyarakat karena kebun merupakan mata pencaharian mereka. Untuk itu saya minta Kades benar-benar mendata jumlah masyarakat yang terkena dampak banjir ini,”harapnya.

Bantuan yang diberikan tidak hanya untuk korban banjir yang ada di Kecamatan Tayan Hilir, tetapi juga diberikan kepada korban banjir yang ada di Kecamatan Toba.

Bantuan Korban Kebakaran

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot bersama Forkompimda Sanggau menyerahkan bantuan kepada Pesantren Al-Mizan di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 24 Oktober 2022.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot bersama Forkompimda Sanggau saat menyerahkan bantuan kepada Pesantren Al-Mizan di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 24 Oktober 2022.
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot bersama Forkompimda Sanggau saat menyerahkan bantuan kepada Pesantren Al-Mizan di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 24 Oktober 2022. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Diskominfo Sanggau)

Seperti diketahui, Satu unit rumah (asrama putri) di Pesantren Al Mizan Dusun Entinuh, Desa Engkahan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar, terbakar pada Sabtu 22 Oktober 2022 sekira pukul 21.40 WIB.

Usai melakukan peninjauan dan menyerahkan bantuan, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan bahwa bangunan ini harus segera dibangun, dikarenakan sudah tidak dapat di fungsikan lagi.

“Tadi kita sudah meninjau langsung asrama putri pesantren Al-Mizan yang terbakar dan kondisinya memang sudah tidak bisa lagi digunakan, artinya perlu dibangun ulang agar para santri/santriwati dapat melanjutkan aktivitas belajar dengan tenang,”kata Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Selain itu, Ontot juga meminta kepada pihak Pesantren untuk segera menyampaikan apa saja kekurangan yang diperlukan agar Pemerintah dapat segera mengirimkan bantuannya.

“Kita Pemkab, Forkopimda dan masyarakat sangat peduli terhadap bencana. Hari ini kami membawa beberapa bantuan jangka pendek dan jangka panjang, dan kami meminta kepada pengurus pesantren untuk dapat menyampaikan apa-apa saja kekurangan nya, apa-apa saja yang dibutuhkan, sehingga kami tahu apa saja yang akan kami bantu,”harapnya.

Bantuan jangka pendek yang diberikan berupa sejumlah uang dan makanan, sedangkan bantuan jangka panjang berupa pakaian dan bahan bangunan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved