Inovasi BLU-E, Dishub Singkawang Berhasil Raih Juara 3 Kalbaria

"Ada lima Kabupaten dan Kota se-Kalbar yang masuk katagori dari Tim Penilai Pemprov Kalbar, yang salah satunya adalah Kota Singkawang," katanya.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Dok. Pemkot Singkawang.
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menerima penghargaan Inovation Award (Kalbaria) tahun 2022 di Kota Pontianak. /Dok. Pemkot Singkawang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dinas Perhubungan ( Dishub ) Kota Singkawang berhasil meraih juara 3 Kalimantan Barat Inovation Award ( KALBARIA ) tahun 2022 berkat Inovasi Bukti Lulus Uji Elektronik atau BLU-E buatan mereka.

Bersyukur atas penghargaan tersebut, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menerangkan, Inovasi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-E) ini merupakan pelayanan pengujian kendaraan bermotor melalui sistem elektronik.

"Ini membuktikan bahwa Kota Singkawang menerapkan teknologi dalam berinovasi dalam memajukan Kota Singkawang," ujar Tjhai Chui Mie, Senin 24 Oktober 2022.

Penghargaan yang diterima ini, lanjut Tjhai Chui Mie, akan memberikan semangkat ke Pemerintah Kota Singkawang untuk terus berinovasi demi meningkatkan prestasi agar Kota Singkawang terus mendapatkan penghargaan Inovasi Daerah di tahun-tahun selanjutnya.

Kalbar Inovation Award (Kalbaria) 2022, Balitbang Kalbar Beri Penghargaan 15 Inovator Daerah Terbaik

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Petrus Yudha Sasmita mengaku terkejut ketika diminta untuk mengikuti penilaian tahap II lomba Inovasi Daerah Provinsi Kalbar tahun 2022.

"Ada lima Kabupaten dan Kota se-Kalbar yang masuk katagori dari Tim Penilai Pemprov Kalbar, yang salah satunya adalah Kota Singkawang," katanya.

Atas penghargaan itu, Yudha mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Sekda Kota Singkawang, Sumastro.

Dirinya juga berterimakasih kepada seluruh jajaran Dinas Perhubungan Kota Singkawang terutama UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang telah menciptakan supporting sistem manajemen untuk mendukung inovasi yang ada dan replikasi atas inovasi.

"Sehingga memberikan faedah bagi pengguna jasa yang akan melakukan pengujian kendaraan bermotornya sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Untuk diketahui, unsur-unsur yang dinilai dalam inovasi tersebut, yakni adanya permasalahan, kemanfaatan dan mempercepat akses pelayanan.

Output dari Inovasi BLU-E, Yudha jelaskan, yakni bukti lulus uji elektronik yaitu berupa Smard Card (dapat diakses oleh fitur Smartphone Near Field Communication/NFC), Sertfikat (dapat diakses melalui QR Barcode) dan stiker RFID yang diletakkan pada kaca depan bagian tengah atas mobil (mensupport Electronic Traffic Law Enforcement/ELTE Kepolisian). (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved