Lokal Populer

Danang Prasetyo Sebut Kopi Liberika Miliki Rasa dan Wangi Tersendiri

kopi liberika sendiri dibudidayakan oleh petani kopi dari desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara

TRIBUNPONTIANAK/JOVI LASTA
Warung Kopi Pondok Kopi Sukadana di Jalan Batu Daya 1, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Kamis 20 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Warung Kopi Pondok Kopi Sukadana di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, memilih kopi liberika Kayong Utara menjadi menu andalan.

Kopi liberika sendiri, memiliki rasa dan wanginya tersendiri.

Untuk itu, kopi liberika sendiri dibudidayakan oleh petani kopi dari desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara.

Owner Pondok Kopi Sukadana, Danang Prasetyo (32) mengatakan kopi liberika tentunya memiliki rasa dan wangi yang tersendiri.

Bupati Kayong Utara Kunker ke Desa Rantau Panjang, Berikan Bantuan Tertib Pelaporan

“Kopi liberika saya pilih untuk menu andalan sajian kopi, karena memiliki rasa dan wangi yang nikmat,” ujarnya, Kamis 20 Oktober 2022.

Ia menuturkan, menu kopi yang disajikan menggunakan kopi liberika diantaranya untuk kopi hitam, kopi susu, vietnam drip, tiam (kopi tradisional) dan lainnya.

“Selain untuk kopi susu, kopi liberika Kayong Utara ini juga bisa untuk sajian vietnam drip, sajian kopi tradisional,” jelasnya.

Seiring berjalanya waktu, pondok kopi hadir juga dengan kopi liberika sebagai menu sajian kopi di warungnya tersebut. Selain kopi liberika, Danang juga menggunakan beberapa jenis kopi yakni robusta.

“Kopi itu saya gunakan, supaya ada rasa yang beda-beda kan penikmat kopi pasti punya permintaan menu sendiri,” ucap Pemilik Warkop Pondok Kopi ini.

Lebih lanjut, Ia menerangkan Pondok Kopi Sukadana berdiri awalnya lantaran hobi dan suka dengan ngopi, dibuka sejak tahun 2017 hingga saat ini masih tetap menyeduhkan kopi kepada pengunjung.

Untuk penggunaan kopi asal Kayong Utara, liberika maupun Robusta sejak tahun 2018 hingga saat ini masih tetap konsisten untuk di seduhkan kepada konsumen.

"Karena saya buka warung kopi di Kayong Utara, tempatnya yang saat ini berada di Jalan Batu Daya 1, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana. Tepatnya di Pasar Daerah Sukadana," ungkapnya.

Untuk itu, penggunaan kopi asal Kayong Utara di warung kopi miliknya ini diharapkan dapat memberikan ciri khas tersendiri di daerah ini. Sebab, daerah ini memilik potensi kopi sangat baik dan sudah cukup banyak dikenal masyarakat luas.

"Kopi ini diproduksi oleh Kojal (Kopi Jago Jalanan). Founder Kojal Coffee Plantation sendiri bernama, Gusti Iwan Darmawan, yang terus berusaha berasama para petani memberikan yang terbaik untuk kopi liberika maupun robusta yang ada di Kabupaten Kayong Utara," tutup Danang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved