Lokal Populer

Penyaluran Bantuan Dari Pemprov Kalbar Terhadap Daerah Terdampak Banjir

Heronimus Hero mengatakan ribuan paket sembako yang sedang loading ke 5 truk box akan dikirim ke 5 kecamatan di Kabupaten Ketapang

Tribunpontianak/Maskartini
Proses loading sembako bantuan ke 5 truk yang akan didistribusikan ke 5 kecamatan di Ketapang, Selasa 18 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengirimkan 5 truk bantuan sembako ke 5 Kecamatan yang ada di kabupaten Ketapang pada Selasa 18 Oktober 2022.

Kadis Ketahanan Pangan, Heronimus Hero mengatakan ribuan paket sembako yang sedang loading ke 5 truk box akan dikirim ke 5 kecamatan di Kabupaten Ketapang hari ini. 

Kecamatan tujuan diantaranya kecamatan Sandai, Laur, Simpang Hulu, Manis Mata, dan Muara Pawan, sebelumnya di Jelai Hulu. 

"Nah, rata-rata nanti dikirim per lokasi Kecamatan itu 2 ton beras, 5.000 telur dan 200 dus mie instan. Terkecuali untuk Muara Pawan dan Manis Mata itu kita tambah 100 paket mini yang isinya ada gula, mie instan dan telur 10 butir. Jadi ada tambahan seperti itu," ujar Hero ditemui di Posko Bantuan Banjir di Pendopo Gubernur.

Gunakan Media Sosial Facebook, Dua Polisi di Kalbar Lakukan Aksi Mulia

Selain bansos dari Pemprov Kalbar, sembako tersebut diakui Hero merupakan sumbangan atau partisipasi dari berbagai perusahaan, badan, instansi hingga lembaga sosial dan pendidikan.

"Kebetulan selain perusahaan-perusahaan perkebunan, ada yang nyumbang dari yayasan peduli pendidikan hari ini. Bantuannya beragam dari sembako, obat-obatan, makanan anak-anak," ujarnya.

Dua Ton Beras

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan pemerintah provinsi Kalbar masih terus melakukan pengumpulan bantuan di Posko Bantuan Peduli Banjir di Pendopo Gubernur Kalbar.

Jika Selasa 18 Oktober 2022, Pemprov Kalbar memberangkatkan 5 truk box ke 5 kecamatan di Ketapang, sebelumnya sudah disalurkan 3 truk box ke kabupaten Jelai Hulu, Ketapang.

"Jelai yang kali ini banjirnya agak parah. Tahun lalu parahnya di Sintang. Tahun ini yang parah justru Ketapang, hari ini kita kirim kembali ada 5 box untuk dikirim ke kecamatan yang ada di kabupaten Ketapang," ujarnya kepada Tribunpontianak.co.id.

Pemprov Kalbar hari ini mengirim 2 ton beras 5.000 telur dan 200 dus mie instan. Pemerintah Kabupaten Ketapang kata Hero juga sudah pihaknya informasikan. Sembako akan dibawa oleh armada, masing-masing kabupaten satu mobil truk box.

"Nah, ini kita lagi muat yang mudah-mudahan hari ini selesai. Secepat kirim ke sana, masyarakat sudah nunggu di 5 Kecamatan di Ketapang. Besok kita akan memberangkatkan bantuan sembako untuk daerah terdampak banjir di Kapuas Hulu," ujarnya.

Dalam menghimpun bantuan, Pemprov Kalbar didukung oleh banyak pihak, mulai dari mitra-mitra perkebunan seperti Gapki Kalbar, beberapa asosiasi, yayasan, dari komunitas Tionghoa.

"Nah, ini kita tinggal kompilasinya, ngumpulkannya dan mengirimkannya. Posko Pemprov Peduli Banjir yang menghimpun bantuan dari berbagai sumber masih dibuka. Bantuan yang kita terima digabungkan dengan yang Pemprov," ujarnya.

Penyalurannya yang sudah disalurkan kemarin terlihat di Sekadau, Sintang 700 paket sembako lengkap dengan nilai Rp140 juta, Melawi 600 paket senilai Rp 120 juta, Sekadau 600 paket Rp120 juta. Sebelumnya Ketapang 600 paket senilai Rp120 juta plus 10.000 telur, air minum, selimut dan segala macam sudah didistribusikan di Jelai Hulu.

"Semuanya ada memberikan dukungan seperti ASN Pemprov, pintunya posko peduli ini. Ada juga dari sumber-sumbernya dari sumbangan masyarakat, asosiasi ada perusahaan, perkebunan tambang, kehutanan, kemudian dari ASN sendiri dan dari anggaran Pemprov sendiri," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved