Bulan Literasi MAN Landak Selenggarakan Lomba, Utin Runny Zahwa Syafira & Fajar Anugrah Raih Juara 1

Gerakan literasi ini adalah salah satu program perpustakaan MAN Landak yang dilaksanakan pada bulan September “SeptemberBerkarya” tahun 2022.

Editor: Syahroni
MAN Landak
Penilaian Pojok Baca Bulan Literasi MAN Landak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti memberi bentuk yang jelas dalam implementasinya, yaitu pelibatan publik sebagai upaya menumbuhkan budaya literasi.

Berdasarkan hal itu, Kepala Perpustakaan Mislaini, S.Pd,I menjelaskan pihak perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Landak mengadakan gerakan literasi yang berkenaan dengan bulan Literasi.

Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan Budi Pekerti siswa yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi menulis dan membaca sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Dengan kegiatan diharapkan para siswa dapat mengekspresikan pengetahuan menulis, berbahasa, kreativitas dengan ide-ide kreatif mereka melalui berbagai kegiatan.

MAN Landak Raih Juara 1 Lomba Kreativitas Baris Berbaris Piala Kapolres Landak

Penilaian Pojok Baca MAN Landak 456787
Penilaian Pojok Baca MAN Landak.

Kepala MAN Landak sekaligus penanggungjawab kegiatan, Deni Irawan S.Pd.I, M.Pd mengatakan dukungan atas terlaksananya kegiatan literasi ini agar dapat menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap buku dan ia juga mengharapkan bahwa apa yang sudah diprogramkan dan sudah dilaksanakan tetap dijaga untuk kelanjutannya.

Gerakan literasi ini adalah salah satu program perpustakaan MAN Landak yang dilaksanakan pada bulan September “SeptemberBerkarya” tahun 2022 tema “Gemar Membaca Menjelajah Dunia” yang bersifat menyeluruh dengan melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik dan lingkungan di sekitar MAN Landak sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai elemen

Bidang yang dilombakan meliputi lomba menulis cerita pendek (Cerpen), menulis puisi dan membuat pojok baca dan pohon literasi.

Diharapkan lomba ini dapat menumbuhkan budaya literasi siswa serta menyalurkan bakat dan kemampuan mereka dibidang sastra dan dibidang seni khususnya painting.

Selain itu diharapkan peserta didik termotivasi untuk terus berkarya dalam bidang menulis sehingga memunculkan penulis yang berbakat sehingga mampu bersaing di kancah nasional.

Setiap hasil karya Cerpen/Puisi akan dibuat buku Antalogi Cerpen/Puisi yang ber ISBN dalam buku berjudul “Buku SEKAR” sebagai bukti karya yang akan disimpan sebagai koleksi Perpustakaan MAN Landak.

Kegiatan Literasi yang sudah terlaksana dari tanggal 1-30 September 2022 dengan tidak menggangu kegiatan proses belajar mengajar di MAN Landak. Sehingga peserta didik masih bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Dari kegiatan ini terdapat 67 peserta untuk lomba menulis cerpen dan 137 untuk lomba menulis puisi.

Disampaikan Mislaini, S.Pd,I dari hasil kegiatan ini pihaknya sudah mencatat siswa dan kelas sebagai pemenang lomba yang dinilai oleh juri yang dipilih serta berkompeten dibidangnya.

Ia menyebutkan pemenang lomba menulis Cerpen yaitu juara I Utin Runny Zahwa Syafira, juara II Samsi Setiawati dan juara III Nurhayani.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved