Banjir Sintang

BPBD Sintang Pastikan Kirim Bantuan untuk Warga Serawai

“Saya memperhatikan, sudah tiga tahun berturut-turut, Nanga Serawai selalu mengalami bencana banjir besar tetapi surutnya relativ cepat yakni dua atau

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Sintang
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernhard Saragih menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga terdampak banjir di serawai. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernhard Saragih mengungkapkan banjir bandang di Serawai sangat besar sehingga jumlah jiwa yang terdampak juga relatif lebih besar dibanding tahun lalu.

"Aktivitas ekonomi juga terganggu. Hari kedua banjir, saya lihat sudah mulai surut. Dan Pemkab Sintang akan kirim bantuan logistik sesuai kebutuhan warga yang memang terdampak banjir. Kami akan data jumlah warga yang terdampak dan jumlah bantuan yang akan dikirim," ujar Saragih.

Pada Rabu kemarin, BPBD bersama dengan Wakil Bupati Sintang, Melkinus meninjau langsung ke serawai. Banjir dipastikan surut, namun masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada.

Banjir Berangsur Surut di Kecamatan Serawai, Lumbung Sosial Kecamatan Sintang Disiagakan

Saragih mengapresiasi atas langkah yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kecamatan Serawai, Polsek Serawai dan Koramil Serawai dalam menangani bencana banjir.

“Saya memperhatikan, sudah tiga tahun berturut-turut, Nanga Serawai selalu mengalami bencana banjir besar tetapi surutnya relativ cepat yakni dua atau tiga hari sudah surut. Kami menghimbau kepada seluruh warga agar selalu waspada dan menjaga keselamatan jiwa,” jelas Saragih.

Saragih menegaskan dalam penanganan bencana, yang paling utama adalah menyelamatkan jiwa manusia. Saragih memberikan apresiasi karena selama 3 tahun terakhir, tidak ada korban jiwa meninggal karena banjir.

"Yang terjadi adalah orang meninggal saat bencana banjir. Kabupaten Sintang memang daerah yang rawan banjir, sehingga kita terus menghimbau warga agar tahu cara menghadapi banjir ini sehingga nihil korban jiwa," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved