Lokal Populer

Ada 24 Parpol Daftarkan Diri Sebagai Peserta Pemilu, KPU Kalbar Gelar Sosialisasi Verifikasi

mensosialisasikan kepada Parpol calon peserta pemilu 2024 yang sudah melalui verifikasi administrasi tahap pertama dalam menghadapi tahapan verifikasi

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua KPU Kalbar Ramdan saat diwawancarai wartawan disela-sela kegiatan sosialisasi verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan partai politik, dan persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024. Hotel Mercure, Pontianak. Rabu, 5 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - KPU Kalbar menggelar sosialisasi verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan partai politik, dan persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024, Rabu 5 Oktober 2022.

Ketua KPU Kalbar Ramdan mengatakan agenda ini dilakukan untuk mensosialisasikan kepada Parpol calon peserta pemilu 2024 yang sudah melalui verifikasi administrasi tahap pertama dalam menghadapi tahapan verifikasi administrasi perbaikan.

"Hari ini kita mensosialisasikan kepada Parpol calon peserta pemilu 2024 yang sudah memasuki fase atau tahapan verifikasi administrasi perbaikan, setelah Parpol tersebut melalui proses verifikasi administrasi tahap pertama," ucapnya.

Ia menjelaskan saat pendaftaran Parpol yang ditutup pada tanggal 14 Agustus kemarin, tercatat ada sejumlah 24 Parpol yang mendaftarkan diri.

Bupati Fransiskus Diaan Tegaskan Kepala Desa Ujung Tombak Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Selanjutnya sesuai dengan mekanisme tahapan pemilu dilakukan verifikasi administrasi yang dalam prosesnya diberikan masa perbaikan untuk para Parpol tersebut.

"Nah nanti setelah perbaikan ini maka dilakukan proses rekapitulasi, baik di tingkat Kabupaten mulai tanggal 11 Oktober, kami ditingkat Provinsi tanggal 12 Oktober, dilanjutkan di tingkat KPU RI di tanggal 13 Oktober," ucapnya.

"Baru kemudian diumumkan oleh KPU RI, mana dari Parpol yang kemudian sudah melakukan perbaikan ini, berdasarkan verifikasi administrasi perbaikan tadi, dinyatakan memenuhi syarat," jelasnya.

Kemudian pada tanggal 14 Oktober 2022, partai yang telah memenuhi syarat pada verifikasi administrasi perbaikan tersebut, akan memasuki tahapan verifikasi faktual.

"Pada tanggal 14 itu juga akan dilakukan pengambilan sampel, untuk dilakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol," ucapnya.

Pada verifikasi faktual ini nantinya akan dilihat mulai dari postur kepengurusan dan keanggotaan, memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan, hingga tersedianya Kantor tetap pada masing-masing Parpol tersebut disetiap tingkatan.

Tahapan untuk verifikasi faktual di tingkat Provinsi akan dilakukan pada tanggal 15-17 Oktober 2022 ini.

Sementara tahapan untuk verifikasi faktual di tingkat Kabupaten akan berlangsung pada tanggal 15 Oktober - 4 November 2022 mendatang.

Sementara untuk hasil akhir Parpol apa saja yang akan menjadi peserta pemilu 2024 akan diputuskan pada tanggal 14 Desember 2022 mendatang.

"Nah ini yang kemudian kami sosialisasikan kepada khususnya Parpol, dan seluruh stakeholder pemangku kepentingan di tingkat Provinsi Kalimantan Barat," ucapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved