Banjir Sintang

Sintang Waspada Banjir Lebih Tinggi, BMKG Kalbar Sebut Masih Berpotensi Hujan Lebat

Banjir berpotensi lebih tinggi karena masih berpotensi hujan lebat setidaknya hingga tanggal 10 Oktober 2022 disebagian besar wilayah Kalimantan Barat

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Camat Serawai
Anggota Polsek Serawai dan petugas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan keliling kepada warga terdampak banjir. Banjir bandang kembali melanda Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa 4 Oktober 2022. Hingga saat ini, debit permukaan masih naik. Banjir menyebabkan aktivitas pasar serawai lumpuh total. Merendam ruas jalan pemukiman, perumahan penduduk dan juga sekolah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Setelah diguyur hujan Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang saat ini dilanda banjir, BMKG Kalbar sebut masih berpotensi banjir lebih tinggi karena masih berpotensi hujan lebat hingga 10 Oktober 2022.

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas I Supadio Pontianak, Sutikno menyampaikan perlu diwaspadai banjir lebih tinggi pada sebagian besar wilayah Kalimantan Barat yang saat ini sedang dilanda banjir, dan masih berpotensi diguyur hujan setiap hari.

"Banjir berpotensi lebih tinggi karena masih berpotensi hujan lebat setidaknya hingga tanggal 10 Oktober 2022 disebagian besar wilayah Kalimantan Barat hampir setiap hari, "katanya saat dikonfirmasi pada hari Selasa, 4 Oktober 2022.

Baca juga: Banjir di Serawai Sintang, Rumah Sakit Pratama Buka Posko Pengobatan Gratis

Ia juga menyampaikan untuk perlu diwaspadai terdapat beberapa daerah di Kalimantan Barat.

"Wilayah yg perlu waspada banjir adalah wilayah yang saat ini sudah banjir dan wilayah yang diprakirakan berpotensi terjadi curah hujan tinggi, yaitu di Kab. Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, dan Ketapang, "tuturnya.

Selain itu ia juga mengatakan untuk wilayah pesisir barat, Kalimantan Barat juga perlu mewaspadai potensi yang dapat terjadi seperti adanya genangan atau banjir, dikarenakan pasang air laut yang maksimum.

"Wilayah pesisir barat kalbar juga perlu mewaspadai potensi terjadinya genangan/banjir, karena pada saat bersamaan masih berpotensi terjadi pasang air laut maksimum hingga tanggal 7 Oktobert 2022 pada pukul 14.00 - 17.00 WIB, "katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved