Peringatan HUT ke-77 TNI di Kalbar Dipusatkan di Perbatasan RI-Malaysia Entikong

Sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-77 TNI Di Kalimantan Barat yang diantaranya menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di wilayah perbat

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Pendam XII TPR
Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto bersama istri saat mengikuti langsung kegiatan bakti sosial dalam rangka peringati HUT ke 77 TNI pada Selasa 4 Oktober 2022 di Entikong kab Sanggau 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 77 Tentara Nasional Indonesia (TNI)  di Kalimantan Barat yang jatuh pada tanggal 5 Oktobe dipusatkan di Entikong.

Sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-77 TNI Di Kalimantan Barat yang diantaranya menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia tepatnya di Convenience Store PLBN Entikong.

Kegiatan bakti sosial dibuka oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, didampingi oleh Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, Irdam XII/Tpr Brigjen TNI Widhioseno, Perwakilan Lantamal XII/Pontianak dan Lanud Supadio dan Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr pada Selasa 4 Oktober 2022.

Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Sanggau Kosong Sejak 2 Oktober 2022

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat di Tribun Pontianak membenarkan peringatan HUT Ke 77 TNI di Kalbar dilaksanakan di Entikong Kab Sanggau.

"Iya , Upacara peringatan dan kegiatan Bakti sosial seperti sunatan massal, penyerahan bantuan sembako dalam rangka HUT TNI di pusatkan di Entikong Sanggau,"kata Pangdam Agusto 

Ia juga menuturkan Kegiatan Bakti sosial untuk membantu kesulitan masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk diantaranya pengobatan gratis untuk 400 orang, sunatan massal kepada 50 anak, bedah rumah 1 unit dan pembagian bantuan berupa 3500 paket Sembako untuk masyarakat tidak mampu. 

"Digelarnya di Entikong ini l sebagai wujud apresiasi dari TNI kepada masyarakat perbatasan yang selama ini banyak membantu terutama kepada Prajurit TNI yang bertugas sebagai Satgas Pamtas di Pos - pos perbatasan," kata Pangdam Agusto

"Pada tahun ini sesuai tagline bahwa TNI adalah Kita, maka kita hadir bersama-sama disini untuk merayakan HUT TNI yang ke-77," jelasnya.

Dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto juga mengatakan, kegiatan bakti sosial seperti yang dilaksanakan hari ini rutin dilakukan oleh TNI setiap tahunnya di daerah perbatasan. Hanya saja tempatnya yang berpindah-pindah bisa di Aruk atau Nanga Badau. Melalui hal tersebut diharapkan semakin terjalin kedekatan antara TNI dengan masyarakat.

"Supaya masyarakat sekitar Pos - pos perbatasan merasakan bahwa memang TNI selalu hadir bersama - sama mereka," kata Pangdam Agusto 

Sebelumnya pada Senin 3 Oktober 2022 kemarin TNI 3 Matra di Kalbar yakni Kodam XII/Tanjungpura, Lanud Supadio dan Lantamal XII/Pontianak melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah bertempat di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr dalam rangka peringatan  Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia.

Kegiatan donor darah ditinjau oleh langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., didampingi Danlantamal XII/Pontianak, Laksma TNI Suharto, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, Kadisops Lanud Supadio, Kolonel Pnb Supriyanto serta para pengurus Dharma Pertiwi Daerah L. 

Sedangkan pelaksanaan Baksos donor darah pagi tersebut diikuti oleh para Prajurit dari tiga angkatan, AD, AL AU, para PNS serta keluarga besar TNI.

Kegiatan dengan tema, "TNI Adalah Kita" ini dilaksanakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan, peringatan HUT TNI yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober bukan hanya sebuah perayaan semata, melainkan sebagai sarana untuk mengenang kembali sejarah lahirnya Tentara Nasional Indonesia.

"Melalui peringatan ini diharapkan dapat memupuk semangat jiwa korsa   prajurit-prajurit TNI dalam meningkatkan pengabdian kepada negara dan bangsa, TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat," kata Pangdam.

Pangdam Agusto juga menyampaikan, kegiatan Baksos donor darah yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022. Ia harap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

"Karena setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya. Semoga kegiatan ini, dapat menjadi contoh tentang arti kepedulian terhadap sesama dan memberikan manfaat bagi orang lain," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved