Lokal Populer

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sejumlah Daerah di Kalimantan Barat

peringatan hari kesaktian Pancasila tersebut, diharapkan masyarakat kita mampu menjadikannya sebagai cerminan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/DOK. HUMAS PEMDA KAPUAS HULU
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat menjadi inspektur upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, di GOR Uncak Kapuas, Sabtu 1 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2022, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyebutkan bahwa untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa.

"Jadi melalui peringatan hari kesaktian Pancasila tersebut, diharapkan masyarakat kita mampu menjadikannya sebagai cerminan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya, Minggu 2 Oktober 2022.

Selain itu juga diharapkan Wahyudi Hidayat, hari kesaktian Pancasila juga dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan revolusi yang telah gugur.

"Marilah kita sama-sama menjadikan teladan para pahlawan telah berjuang dalam mempertahankan ideologi bangsa, dan mampu menjadi kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Firah Meydar Hasan pada Personel

Kemarin 1 Oktober 2022, Pemda Kapuas Hulu telah melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, di Lapangan Bola Kaki, GOR Uncak Kapuas, yang tindak langsung sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Dihadiri seluruh Forkompinda Kapuas Hulu, kepala OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, tokoh masyarakat, dan para tamu undangan lainnya, dengan tema peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 adakah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Sekadau

Kepolisian Resor (Polres) Sekadau melaksanakan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diikuti pejabat utama, gabungan staf, personel serta ASN, di halaman Mapolres Sekadau, Sabtu 1 Oktober 2022.

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diikuti pejabat utama, gabungan staf, personel serta ASN, di halaman Mapolres Sekadau, Sabtu 1 Oktober 2022.
Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diikuti pejabat utama, gabungan staf, personel serta ASN, di halaman Mapolres Sekadau, Sabtu 1 Oktober 2022. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas Polres Sekadau)

Kapolres Sekadau AKBP Suyono, mengatakan upacara tersebut sebagai langkah untuk meneguhkan komitmen untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Khususnya bagi personel Polres Sekadau dalam rangka menggelorakan semangat pengabdian, memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas serta kebersamaan.

"Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding father dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita, " tegas AKBP Suyono.

Lebih lanjut, Kapolres menyebut negara dengan keragaman etnis, bahasa, adat istiadat, budaya, agama, kepercayaan dan golongan ini sedang dihadapkan dengan berbagai tantangan.

Polres Melawi Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Baik itu melalui pandangan, tindakan dan sikap intoleran. Hal itu juga diperparah dengan penyalahgunaan medsos dalam bentuk hoaks, fitnah dan adu domba.

"Mari kita dukung pemerintah untuk menindak tegas setiap gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika. Peringatan hari kesaktian Pancasila haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan dan mengembangkan Pancasila, " pungkasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved