Pendaftar Perempuan Kurang Dari 30 Persen, Bawaslu Sekadau Ajak Masyarakat Daftar Panwascam

Nantinya semua soal dan nilai akan langsung ditentukan oleh Bawaslu RI. Sehingga siapapun yang akan lolos masuk 6 besar adalah keputusan Bawaslu RI.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina Sindika Wulandari
Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Nur Soleh, saat ditemui di kantor Bawaslu Kabupaten Sekadau, Senin 3 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Sekadau perpanjang waktu pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan ( Panwascam ) 2024 hingga 8 Oktober 2022.

Sebut kurang 4 orang pendaftar perempuan di 3 kecamatan, Senin 3 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Nur Soleh memaparkan ada tiga kecamatan yang melakukan perpanjangan rekrutmen Panwascam.

Masing-masing, Kecamatan Sekadau Hilir dengan kekurangan 2 orang pendaftar perempuan. Kecamatan Belitang Hulu kekurangan 1 orang pendaftar perempuan dan Kecamatan Nanga Taman kekurangan 1 orang pendaftar perempuan.

Dengan kurangnya pendaftar perempuan itu, Nur Soleh menyebut tiga kecamatan tersebut belum memenuhi syarat afirmasi 30 persen keterwakilan perempuan dalam rekrutmen Panwascam. Sementara 4 kecamatan lainnya sudah memenuhi syarat tersebut.

Dalam Sepekan Ada 3 Kebakaran di Sekadau, BPBD Imbau PLN Cek Jaringan Listrik

Maka Bawaslu Kabupaten Sekadau memperpanjang rekrutmen dari tanggal 2-8 Oktober 2022. Harapannya kekurangan tersebut dapat diisi oleh pendaftar yang memenuhi syarat.

Salah satunya berusia minimal 25 tahun dan pendidikan minimal terakhir SMA/SMK.

" Tetapi apabila nanti sampai tanggal 8 Oktober tidak ada juga yang mendaftar, kita tetap melakukan tahapan berikutnya. Seleksi melalui CAT, kita laksanakan pada 14-18 Oktober Di SMK swasta di Sekadau, " jelas Soleh.

Seleksi menggunakan sistem CAT itupun akan dilaksanakan secara terpusat di satu tempat. Namun karena keterbatasan sarana dan prasarana, Bawaslu akan membuat jadwal seleksi untuk masing-masing kecamatan.

Nantinya semua soal dan nilai akan langsung ditentukan oleh Bawaslu RI. Sehingga siapapun yang akan lolos masuk 6 besar adalah keputusan Bawaslu RI.

Sedangkan tes selanjutnya adalah tes wawancara yang dilakukan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Sekadau.

"Sampai hari ini belum ada yang mendaftar di 3 kecamatan ini. Oleh karena itu harapan kepada masyarakat yang mempunyai kompetensi dan memenuhi syarat, bisa mendaftarkan diri. Perlu diketahui pada dasarnya yang boleh mendaftar seluruh masyarakat yang Kabupaten Sekadau. Artinya kecamatan lain yang mau mendaftar di Kecamatan yang melakukan perpanjangan rekrutmen itu boleh saja, " Pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved