Profil

Iwan Bule, Ketum PSSI yang Didesak Mundur Usai Insiden Berdarah di Laga Arema FC vs Persebaya

Desakan Iwan Bule untuk mundur itu bergaung di trending topik Twitter hari ini, Senin 3 Oktober 2022 sejak pagi dengan tagar #Mundur.

Kolase Tribunpontianak.co.id / Kompas.com / SuryaMalang.com Purwanto
Ramai desakan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule untuk mundur dari jabatannya usai insiden berdarah di laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam WIB di Stadion Kanjuruhan, Malang 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Insiden berdarah usai laga Liga 1 2022/2023 pekan ke-11 antara Arema FC vs Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 menjadi bahan perbincangan hangat netizen.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 127 orang itu memunculkan desakan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk mundur dari jabatannya.

Desakan Iwan Bule untuk mundur itu bergaung di trending topik Twitter hari ini, Senin 3 Oktober 2022 sejak pagi dengan tagar #Mundur.

Lantas siapakah sosok Iwan Bule?

Mengenal Aremania Suporter Fanatik Klub Arema, Terlibat Kerusuhan di Kanjuruhan Malang

Iwan Bule dulunya adalah seorang purnawirawan perwira tinggi Polri.

Sebelum pensiun sebagai polisi, Iwan Bule menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Pria yang lahir pada 31 Maret 1962 merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984.

Iriawan pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Namanya mulai dikenal luas setelah menangani kasus pembunuhan kontroversial Nasrudin Zulkarnaen oleh tersangka Ketua KPK Antasari Azhar.

Kala itu, Iwan Bule masih menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berpangkat Komisaris Besar Polisi tahun 2008

Pada tanggal 18 Juni 2018, Iwan Bule dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan hingga 5 September 2018

Karier non kepolisiannya berlanjut ketika ia terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada 2 November 2019 usai memenangkan perolehan 82 suara di kongres Luar Biasa PSSI di hotel Shangri-La, Jakarta.

Iwan Bule diketahui telah menempuh pendidikan S1 Hukum, S2 Manajemen hingga S3 Hukum.

Ia menikah dengan wanita bernama Novita Ariyanti.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved