Desa Bungan Jaya Banjir, Masyarakat yang Tinggal Bibir Sungai Kapuas Agar Waspada

Apa lagi sekarang ini debet air sungai Kapuas sudah mudah meninggi dan merendam pemukiman warga

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Jamadin
BPBD KAPUAS HULU
BANJIR - Kondisi saat ini banjir merendam di Desa Bunga Jaya, Kecamatan Putussibau Selatan, akibat curah hujan tinggi, Senin 3 Oktober 20022. Desa Bungan Jaya merupakan desa diantaranya berada di perhuluan sungai Kapuas. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Saat ini wilayah Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu sedang diguyur hujan, sehingga debit air sungai Kapuas meninggi, maka diharapkan masyarakat yang tinggal di bibir sungai Kapuas agar waspada banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan menyatakan, informasi yang diterima dilapangan bahwa sekarang ini Desa Bungan Jaya, Kecamatan Putussibau Selatan sudah terendam banjir.

"Curah hujan wilayah perhuluan sungai sangat tinggi, sehingga desa di perhuluan seperti Desa Bungan Jaya sedang terendam banjir, maka diimbau kepada masyarakat perhiliran sungai seperti Putussibau dan kecamatan lainnya di daerah bibir sungai, waspada banjir," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin 3 Oktober 2022.

Peringatan BMKG, Potensi Terjadi Banjir di Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau dan Ketapang

Gunawan menuturkan bahwa, kalau pihaknya terus monitor kejadian banjir, dan sudah disampaikan ke semua pihak agar waspada banjir, baik lewat group WhatsApp seluruh camat, dan lainnya. 

"Kita sampaikan semua terkait format laporan kejadian bencana, serta selalu update prakiraan BMKG kepada kecamatan setiap hari pagi dan sore atau malam, dengan harapan informasi peringatan dini, agar bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam," ucapnya.

Selain itu juga tambah Gunawan, untuk mengurangi dampak yang mungkin timbul dari kejadian terjadi nantinya bencana alam seperti banjir dan lainnya.

"Pastinya agar selalu tetap waspada, karena saat ini cuaca di wilayah Kapuas Hulu tidak menentu, dan mudah terjadi banjir," ungkapnya. 

Seorang warga Putussibau Selatan, Usmani menyatakan debet air di sungai Kapuas sudah besar dan sudah mulai meluap ke ruas jalan khususnya di daerah Teluk Barak.

"Debet air sungai Kapuas meninggi akibat curah hujan dari hari Minggu hingga pagi ini Senin," ujarnya.

Menurutnya, biasa kondisi seperti ini tidak lama asalkan tidak terjadi hujan di daerah perhuluan sungai, kalau tak hujan akan kembali surut.

"Apa lagi sekarang ini debet air sungai Kapuas sudah mudah meninggi dan merendam pemukiman warga," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved