Bupati Erlina Harap FKUB Tetap Jalin Koordinasi dan Hubungan Sinergisitas Bersama Pemerintah Daerah

masyarakat rentan sekali terpropokasi atas informasi yang terkadang menyesatkan sehingga menimbulkan polemik yang lebih besar lagi.

Penulis: Ramadhan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/(Dok. Humas Diskominfo/Syukur)
Bupati Mempawah, Erlina, mengukuhkan Kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mempawah periode 2021-2026 di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin 3 Oktober 2022. (Dok. Humas Diskominfo/Syukur) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Erlina, mengukuhkan Kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Mempawah periode 2021-2026 di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin 3 Oktober 2022.

Adapun Ketua FKUB Kabupaten Mempawah Periode 2021-2026 dipimpin oleh Iis Iskandar.

Bupati Mempawah, Erlina, mengatakan, kepengurusan ini telah dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Mempawah Nomor 285 Tahun 2016 tentang Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Mempawah dan telah dilakukan perubahan berdasarkan Keputusan Bupati Mempawah Nomor 123 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Bupati Mempawah Nomor 285 Tahun 2016 tentang Forum Kerukunan Umat Beragama yang ditetapkan masa periode jabatannya adalah pada tanggal 28 November 2021.

"Namun pengukuhannya baru dapat kita laksanakan sekarang sebab adanya penggantian kepengurusan dan beberapa program nasional terkait FKUB se Indonesia yang harus segera kita realisasikan tetapi tetap disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," terangnya.

Baca juga: Bupati Erlina Kukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Mempawah

Erlina mengatakan, sebagaimana diketahui bersama persatuan dan kesatuan adalah kunci keberlangsungan dan kestabilan berbangsa dan bernegara.

"Hal ini hanya bisa terwujud apabila seluruh sekat yang memisahkan dan mengkotak-kotakan elemen bangsa dapat menghilang, dimana salah satu caranya adalah melalui sikap toleransi antar umat beragama," terangnya.

Dari kondisi inilah tambah Erlina, yang diusung oleh Forum Kerukunan Umat Beragama, sebab dalam pelaksanaan fungsinya, Forum Kerukunan Umat Beragama memiliki peran promosi, advokasi, konsultasi dan arbitrasi.

"Apalagi derasnya arus informasi seperti saat ini, dimana perpecahan seringkali terjadi akibat informasi yang tidak mempunyai dasar informasi yang kuat," katanya.

Erlina menyebut, masyarakat rentan sekali terpropokasi atas informasi yang terkadang menyesatkan sehingga menimbulkan polemik yang lebih besar lagi.

Hal seperti inilah lanjut Erlina, yang ingin dihindarkan, dan Forum Kerukunan Umat Beragama hendaknya bisa bergandengan tangan baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah, Kementerian Agama Kabupaten Mempawah dan jajaran instansi vertical lainnya yang ada di daerah.

"Oleh karenanya dalam kesempatan ini, bagi para pengurus anggota Forum Kerukunan Umat Beragama yang baru saja dikukuhkan, kiranya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya dengan baik," katanya.

Erlina berharap, FKUB tetap berkoordinasi dan jalin hubungan sinergisitas baik dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, instansi vertical lainnya serta organisasi keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan lainnya dalam mendukung tugas dan fungsi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

"Pemerintah Daerah juga akan selalu berupaya memfasilitasi kinerjanya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved