Lokal Populer

Bupati Citra Sebut Andil Besar Pertanian Membantu dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Citra turun langsung melihat pertanian masyarakat, dan menyerap aspirasi masyarakat di sekitar mengenai perkembangan sektor pertanian

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/DOK. PROKOPIM KAYONG UTARA
Bupati Kayong Utara, Citra Duani meninjau dan panen padi di lahan pertanian Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Sabtu 1 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani telah mengecek dan melakukan panen raya di lahan petani Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Citra turun langsung melihat pertanian masyarakat, dan menyerap aspirasi masyarakat di sekitar mengenai perkembangan sektor pertanian ini. Bupati Citra bersama Anggota DPRD Kayong Utara, Abdul Rahman, beserta OPD terkait dan petani sekitar meninjau langsung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Citra Duani menyampaikan mata pencarian masyarakat di sekitar desa tersebut yakni di bidang pertanian.

"Di daerah Sukadana ini mata pencarian yakni bertani, hampir 20 hektare lahan padi yang sudah menguning dan siap panen. 1 hektare itu bisa mencapai 5,1 ton," ujar Bupati Citra.

Petani Kabupaten Sambas Ikuti Pameran Produk di Malaysia, Ikram Bawa 22 Produk di Taste Of Asia

Dikatakan Bupati Citra, bahwa terdapat lebih dari 70-an hektare lahan pertanian masyarakat yang tersebar di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

"Maka dari itu, ada lebih dari 70 hektare (lahan) tersebar di daerah Kecamatan Sukadana ini," terangnya.

Untuk itu, Bupati Citra menuturkan dalam kondisi saat inipun masyarakat yang bermata pencarian di bidang pertanian turut andil besar dalam membantu dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

"Masyarakat memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Kayong Utara," tutupnya.

Jaga Ketersediaan Pangan

Pemerintah Daerah Kayong Utara bersama DPRD menjaga lahan pertanian sebagai upaya dalam menjaga ketersediaan pangan di wilayah Kayong Utara.

Mengenai hal ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kayong Utara Abdul Rahman menerangkan bahwa Pemerintah bersama DPRD telah mengambil langkah-langkah konkrit menjaga lahan pertanian.

Kisah Inspiratif Petani Gula Aren Desa Sekabuk Sadaniang Kabupaten Mempawah

"Langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah bersama DPRD, didapatkan kata sepakat untuk menetapkan suatu peraturan daerah tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B)," kata Abdul Rahman.

Hal ini, sebagai bentuk komitmen menjaga lahan pertanian dari alih fungsi lahan dan juga menjaga ketersediaan bahan pangan daerah dalam menghadapi kondisi saat ini.

"LP2B itu setelah ditetapkan yang luasnya kurang lebih 8 ribu hektare untuk wilayah Kayong Utara, dan ini dirasa cukup dan tidak boleh ditanam tanaman, selain tanaman padi," ujarnya.

Abdul Rahman menilai, hal ini sebagai bentuk dukungan menjaga ketersediaan bahan pangan dan bahan pokok di daerah.

"Itu dukungan kami dalam menyiapkan regulasi untuk mendukung Pemerintah tentang ketersediaan bahan pangan di Kayong Utara," tukasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved