Aturan Baru ASN! Cek Syarat PNS Ajukan Cuti di Luar Tanggungan Negara

Aturan baru ASN tahun 2022 terkait syarat pengajuan Cuti PNS di luar tanggungan negara bisa disimak dalam artikel berikut.

Editor: Rizky Zulham
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Ilustrasi PNS - Aturan Baru ASN! Cek Syarat PNS Ajukan Cuti di Luar Tanggungan Negara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Simak Aturan baru ASN tahun 2022 terkait syarat pengajuan Cuti PNS di luar tanggungan negara bisa disimak dalam artikel berikut.

Kini ada beberapa syarat pengajuan cuti yang wajib dilampirkan oleh Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara yang ingin cuti luar tanggungan negara.

Hal itu disampaikan oleh Analis Kepegawaian Madya Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian (SKK) di Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ade Jajang Jatnika Wiralaksana.

Ia mengatakan, bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masa kerjanya telah mencapai 5 tahun berhak diberikan cuti di luar tanggungan negara (CLTN).

Gaji Pensiunan PNS Terbaru Oktober 2022 dan Uang Pensiun Pokok Janda Duda Ditinggal ASN Meninggal

Hal ini diatur dalam Peraturan BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS.

Pernyataan itu Jajan sampaikan saat acara Sosialisasi Layanan Status dan Kedudukan Kepegawaian Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Kabupaten Kuningan melalui virtual, Rabu 28 September 2022.

"Sesuai dengan regulasi tersebut cuti di luar tanggungan negara dapat diberikan kepada PNS yang mengikuti atau mendampingi suami/istri tugas negara/tugas belajar di dalam/luar negeri dengan melampirkan syarat seperti surat penugasan atau surat perintah tugas dari pejabat yang berwenang," katanya dalam keterangan tertulis dikutip melalui laman BKN, Kamis 29 September 2022.

Kedua, cuti diberikan kepada PNS yang mendampingi suami/istri bekerja di dalam/luar negeri dengan melampirkan surat keputusan atau surat penugasan/pengangkatan dalam jabatan.

Ketiga, bagi PNS yang sedang menjalani program untuk mendapatkan keturunan dengan melampirkan syarat surat keterangan dokter spesialis.

Keempat, PNS mendampingi anak yang berkebutuhan khusus melampirkan surat keterangan dokter spesialis.

Tabel Gaji PNS Golongan III sesuai Masa Kerja Terbaru Oktober Tahun 2022

Kelima, PNS yang mendampingi suami/istri/anak yang memerlukan perawatan khusus.

Keenam, PNS mendampingi merawat orang tua/mertua yang sakit/uzur dengan melampirkan surat keterangan dokter.

Terakhir kata Jajang, permohonan cuti di luar tanggungan negara dapat disetujui paling lama 3 tahun dan dapat diperpanjang paling lama 1 tahun.

Ketika PNS selesai mejalankan cuti di luar tanggungan negara, wajib melapor kepada instansi secara tertulis paling lambat 1 bulan.

(*)

.

.

.

.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved