Mengenal Bobotoh Pendukung Setia Persib Bandung, Suporter Terbagi Dalam Beberapa Kelompok

Diketahui nama Bobotoh itu sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sekelompok orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Editor: Jimmi Abraham
KOMPAS
Bobotoh Pendukung setia Persib Bandung 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bobotoh merupakan sebutan bagi pendukung klub sepakbola Persib Bandung.

Diketahui nama Bobotoh itu sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sekelompok orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Dalam kamus bahasa Sunda karya R. Satjadibrata (2011), bobotoh berarti orang yang menghidupkan semangat kepada orang yang hendak berkelahi (atau binatang yang hendak diadu), suporter.

Pada awalnya bobotoh memiliki makna yang luas karena perkelahian atau persaingan untuk menjadi pemenang tidak hanya terjadi dalam sepak bola, tetapi juga dapat terjadi dalam berbagai hal.

Mengenal Aremania Suporter Fanatik Klub Arema, Terlibat Kerusuhan di Kanjuruhan Malang

Keterikatan masyarakat Sunda dengan sepak bola diyakini berjalan dengan semakin populernya cabang olahraga sepak bola diantara para pengguna bahasa Sunda atau penduduk Jawa Barat.

Sepak bola di Jawa Barat tidak akan lepas dari Persib Bandung yang lahir dan berkembang di Kota Bandung, Ibu kota provinsi Jawa Barat.

Secara turun-temurun, bobotoh memberikan dukunganya kepada Persib Bandung.

Mereka tersebar tidak hanya di Bandung dan sekitarnya, namun juga hingga Jawa Barat dan banyak tempat lainnya di luar daerah.

Secara global, Bobotoh terbagi dalam beberapa kelompok mulai dari Viking Persib Club (VPC), Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), La Curva Pasundan (LCP) hingga Flowers City Casuals (FCC).

Mengenal Bonek Pendukung Militan Tim Sepak Bola Persebaya Surabaya Sang Pelopor Gerakan Suporter

Diketahui, sejak pertama klub sepakbola Persib Bandung berdiri pada tahun 1933, pendukung Persib sudah mulai muncul dan menunjukan eksistensi untuk mendukung klub sepakbola kebanggaan Jawa Barat tersebut.

Kala itu pula, selain bobotoh, Bala Kurawa turut menjadi sebutan bagi pendukung Persib.

Sejarah mencatat pada media massa khusus olahraga yang diterbitkan Otto Iskadar Dinata pada tahun1937, pendukung Persib Bandung sudah ada dan hadir memberikan dukungan dan semangatnya saat Persib Bandung berlaga di Lapangan Tegalega dan Lapangan Ciroyom, Bandung.

Mengenal Aremania Suporter Fanatik Klub Arema, Terlibat Kerusuhan di Kanjuruhan Malang

Tidak hanya itu saja, di tahun yang sama, para pendukung Persib menunjukan loyalitasnya untuk menyaksikan secara langsung ketika Persib Bandung bertandang melawan Persis Solo yang dilangsungkan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Sejak pertama Liga Indonesia digelar pada tahun 1994-1995 yang berubah dari era Perserikatan menjadi Liga Indonesia, Bobotoh pun mulai banyak membentuk perkumpulan seperti Balad Persib, Stone Lovers, Jurig Persib, Viking Persib Club, dan lainnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved