Kesbangpol Sebut Ada 62 Ormas di Sekadau, Harap Semua Ormas Laporkan Diri ke Kesbangpol

Hanya saja, Ia menghimbau agar Ormas yang ada di Kabupaten Sekadau untuk wajib melaporkan keberadaannya di Kesbangpol. Khususnya Ormas yang sudah berb

TRIBUNPONTIANAK/MARPINA SINDIKA WULANDARI
Plt Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Hermanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Plt Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Hermanto ungkap ada 62 organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Sekadau, namun hanya 44 Ormas yang masih aktif, Minggu 2 Oktober 2022.

Dari 62 Ormas tersebut ada yang sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kesbangpol, tetapi ada pula yang tidak berbadan hukum dan terdaftar di Kesbangpol. Namun ada juga yang sudah berbadan hukum tetapi belum melaporkan keberadaannya ke Kesbangpol Kabupaten Sekadau.

Hermanto menjelaskan, sejatinya dari segi pemerintah sangat mendukung pembentukan Ormas yang sifatnya positif dan mendukung kemajuan pembangunan.

Hanya saja, Ia menghimbau agar Ormas yang ada di Kabupaten Sekadau untuk wajib melaporkan keberadaannya di Kesbangpol. Khususnya Ormas yang sudah berbadan hukum yang sudah ada secara nasional.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

"Masih ada Ormas yang sudah berbadan hukum tapi belum melaporkan ke Kesbangpol. Kasian Pemda yang telah memberikan bantuan, memfasilitasi keberadaan mereka tetapi mereka tidak aktif melaporkan keberadaan dan aktivitasnya ke kesbangpol. Sehingga ketika akan ada pembinaan, kita sulit mendeteksi mereka, " jelas Hermanto.

Lebih lanjut, Hermanto menuturkan Pemerintah Daerah tidak pernah membatasi atau dipersulit untuk membentuk Ormas di Kabupaten Sekadau.

Tetapi jika ingin membentuk organisasi masyarakat harus jelas manfaat, tujuan dan gerakannya.

"Membentuk Ormas mau berbadan hukum atau tidak bebas. Kalau berbadan hukum tentu skalanya besar, dia bisa menempatkan ormasnya di manapun. Tapi kalau tidak berbadan hukum hanya terdaftar di Kementerian Dalam Negeri biasanya Ormas daerah, " pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved