Inisiatif Menjadikan Kawasan Car Free Day di Wilayah Pontianak Timur

"Pada pagi hari ini kami berinisiatif untuk menjadikan kawasan Jalan Sungai Landak ini yang terdiri dari dua jalur, satu jalurnya ditutup bagi akses k

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meresmikan kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Sungai Landak Barat Pontianak Timur, Minggu 2 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Camat Pontianak Timur, Ismail menjelaskan tentang inisiatif menjadikan kawasan Car Free Day (CFD) di wilayah Kecamatan Pontianak Timur tepatnya di Jalan Sungai Landak Timur dan Jalan Sungai Landak Barat.

Alasan menjadikan CFD tersebut sejalan dengan tema HUT ke-77 RI tahun 2022 yaitu 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'.

"Maka kita bersama tokoh-tokoh masyarakat di Pontianak Timur berupaya untuk bangkit dengan menghidupkan kembali berbagai aktivitas kemasyarakatan terutama aktivitas olahraga," ujarnya saat peresmian CFD, Minggu 2 Oktober 2022.

"Pada pagi hari ini kami berinisiatif untuk menjadikan kawasan Jalan Sungai Landak ini yang terdiri dari dua jalur, satu jalurnya ditutup bagi akses kendaraan setiap hari Minggu pagi sebagai kawasan CFD bagi warga untuk melakukan aktivitas olahraga dan sebagainya," imbuhnya.

Kehadiran Car Free Day di Pontianak Timur Menjadi Sarana Rekreasi Olahraga dan UMKM

Dengan adanya CFD ini, diharapkan bisa menjadi tempat aktivitas masyarakat yang lebih produktif. Selain untuk berolahraga, tetapi juga untuk memulihkan ekonomi melalui Pelaku UMKM sehingga terjadi perputaran ekonomi.

"Dengan aktivitas olahraga setiap Minggu di kawasan ini, nanti kawasan CFD ini bisa menjadi tempat masyarakat berinteraksi dan melakukan aktivitas yang bermanfaat dalam mengisi waktu senggang. Itu yang kita harapkan," ucapnya.

Yang tidak kalah pentingnya kata Ismail, adalah dalam menjadikan CFD ini, pihaknya juga menyediakan ruang bagi pelaku UMKM untuk berjualan sehingga perputaran ekonomi terjadi.

"Kita memberi ruang bagi pelaku UMKM untuk berjualan pada kesempatan ini selain warga beraktivitas olahraga," ungkapnya.

Warga Senang Kehadiran CFD

Dengan hadirnya Car Free Day tersebut, warga mengaku senang.

"Kita senang dengan disediakan ruang untuk melakukan aktivitas olahraga seperti ini. Karena kan biasanya setiap hari Minggu kita melakukan aktivitas olahraga di pusat kota," kata Hambali (47) satu di antara warga Pontianak Timur menceritakan pengalamannya bersama keluarganya.

Menurutnya, kehadiran CFD ini mendekatkan dan mempermudah bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas olahraga.

"Dengan adanya CFD di sini, kami tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berolahraga dan bersantai bersama keluarga," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved