Kapolres Bengkayang Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Arahan yang Disampaikan

Upacara dilaksanakan secara khidmat dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 yang mana seluruh personel tetap menggunakan masker

Editor: Jamadin
Dok. Polres Bengkayang
Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Mapolres Bengkayang, Sabtu 1 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Polres Bengkayang Polda Kalbar menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu 1 Oktober 2022 pagi di Halaman Mapolres Bengkayang.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH. Upacara ini juga dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Bengkayang, ASN dan seluruh personel Polres Bengkayang.

Peserta upacara terdiri dari kelompok Pamen/Pama, peleton Satuan Sabhara,satu peleton gabungan staf Polres, pelton satuan Lalu lintas, satu peleton gabungan satuan Reskrim, Intelkam, Narkoba.

Kegiatan upacara di awali dengan mengheningkan cipta yang di pimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan naskah ikrar.

Tema upacara upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini adalah “ Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Kapolres Singkawang Hadiri Kegiatan Pembinaan dan Peresmian Kampung Pancasila di Singkawang Barat

Kapolres Bengkayang mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan di bulan Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober tersebut tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI.

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965 oleh PKI. Korban G30S PKI tersebut terdiri dari 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD”, katanya.

Maka alasan di balik kesaktian tersebut memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 oktober diperingati karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah pasca peristiwa G30S/PKI.

“Upacara ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang mulai memudar. Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa”, tutup Kapolres.

Upacara dilaksanakan secara khidmat dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 yang mana seluruh personel tetap menggunakan masker.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved