Berawal dari Kegalauan, Siti Badariah Dirikan Kampung Baca Tansal

Desa Tanjung Saleh merupakan salah satu dari 13 Desa atau Kelurahan di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Penulis: Maskartini | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Prabowo
Siti Badariah, Founder Kampung Baca Tansal. (Prabowo). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Berawal dari kegalauan saat hendak menghadapi skripsi, Siti Badariah menginisiasi berdirinya Kampung Baca Tansal, 5 Desember 2017.

"Dulu saat saya menjadi mahasiswa semester 7 mulai galau mengerjakan skripsi kemudian untuk menenangkan diri dengan pulang ke kampung halaman bertemu orang tua," ujar Badar, Jumat 30 September 2022.

Singkat cerita, ia pun diajak sang ibunda untuk mengikuti acara maulid di kantor desa. Saat di kantor desa, Badar melihat banyak buku tapi letaknya di dalam kantor.

"Terus saya mikir siapa yang berani membaca buku dengan rileks di dalam kantor terkesannya formal. Munculah inisiatif untuk memindahkan buku di suatu tempat yang lebih mudah di kunjungi kapanpun," ujarnya.

Baca juga: Herzaky Mahendra Putra Beberkan Perjalanan Hidupnya Hingga Terjun Ke Dunia Politik

Setelah mendapatkan izin dari pemerintahan desa setempat, buku-buku tersebut dipindahkan di selasar rumah Badar yang terletak di dusun kampung tengah RT 15 RW 03 Desa Tanjung Saleh, yang kemudian diberi nama Kampung Baca Tansal disingkat KBT.

Pemberian nama “Kampung” diakuinya diambil dari nama dusun pertama kali dipindahkan buku-buku itu di Dusun Kampung Tengah. Kata “baca” merupakan Gerakan awal yaitu meningkatkan minat baca masyarakat sekitar dan kata “Tansal” merupakan kepanjangan dari nama Desa Tanjung Saleh.

Kondisi Desa Tanjung Saleh

Badar menjelaskan Desa Tanjung Saleh merupakan salah satu dari 13 Desa atau Kelurahan di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yang terletak di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sungai Kakap, Selatan berbatasan dengan Desa Sepok Laut.

Bagian Timur berbatasan dengan Desa Punggur Kapuas Sungai Kakap, Barat berbatasan dengan Laut China Selatan atau Laut Lepas, dengan jarak ke Ibu Kota Kecamatan sejauh 6 km dan jarak dengan Ibu Kota Kabupaten Kubu Raya 60 km, yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama 120 menit.

Jumlah penduduk Desa Tanjung Saleh sebanyak 5.013 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 2611 jiwa dan perempuan sebanyak 2402 jiwa. Sedangkan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.423 keluarga. Terdiri dari 29 RT, 6 RW dan 3 Dusun yaitu Dusun Kampung Tengah, Dusun Parit Pangeran dan Dusun Parit Rembak.

Untuk sekolah terdapat 6 Sekolah Dasar, 2 MI Swasta, 3 SMP Negeri, 1 SMP swasta dan Satu MTS Swasta, 2 SMA Swasta dan satu Paud yang tersebar di Desa Tanjung Saleh jaraknya berjauhan.

"Transfortasi yang sering digunakan yaitu melalui jalur air yang sering disebut motor air. Walaupun desa Tanjung Saleh letak tidak jauh dari kecamatan untuk akses jaringan dan listrik masih sulit. Jaringan yang sulit di cari dan listrik hidupnya 12 jam," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved