Lokal Populer

Tujuh Orang Penjabat Kepala Desa Hasil Pemekaran di Kabupaten Sekadau Dilantik Bupati

Diketahui secara sah 7 Desa hasil Pemekaran di Kabupaten Sekadau itu resmi menjadi desa defenitif

TRIBUNPONTIANAK/MARPINA SINDIKA WULANDARI
Pelantikan tujuh Penjabat Kepala Desa definitif oleh Bupati Kabupaten Sekadau, Aron di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis 29 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sebanyak 7 orang Penjabat Kepala Desa pada desa Pemekaran di Kabupaten Sekadau, dilantik oleh Bupati Kabupaten Sekadau, Aron di Ruang Serba Guna Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Kamis 29 September 2022.

Masa jabatan bagi Penjabat kepala desa sampai ditetapkannya kepala desa definitif. Mulai berlaku sejak tanggal 29 September 2022.

Diketahui secara sah 7 Desa hasil Pemekaran di Kabupaten Sekadau itu resmi menjadi desa defenitif. Sesuai dengan ditetapkan dan diundangkannya Perda tentang pembentukan desa dalam lembaran daerah Kabupaten Sekadau oleh Bupati Sekadau pada tanggal 18 Agustus 2022.

Selain itu, ketujuh desa tersebut juga telah mendapatkan nomor kode desa masing-masing dari Kementerian Dalam Negeri. Dengan demikian maka jumlah desa di Kabupaten Sekadau tidak lagi sebanyak 87 desa tetapi bertambah menjadi 94 desa defenitif.

KTP Digital Sudah Diuji Coba Kepala Daerah dan Pegawai Disdukcapil Sekadau

Pada saat pelantikan Bupati berpesan kepada para Penjabat Kepala Desa agar menjalan tugas dengan sebaik-baiknya. Dengan pemahaman sebagai pemimpin yang terpilih harus memegang teguh tugas dan tanggung jawab.

"Sebagai kepala desa diharapkan bisa mengayomi masyarakat desa agar ke depan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Nantinya juga harus membentuk BPD. Masyarakat juga harus dilibatkan secara aktif dalam berbagai bentuk pembangunan desa, " ujar Bupati Aron.

Tujuh orang Penjabat (Pj)kepala desa tersebut di antaranya;
1. Agustinus, SP Penjabat Kepala Desa Melanjan Raya, Kecamatan Belitang Hilir. Perda Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Melanjan Raya di Kecamatan Belitang Hilir.

2. Tarmizi, S.Sos Penjabat Kepala Desa Sepantak di Kecamatan Belitang Hilir. Perda Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Sepantak di Kecamatan Belitang Hilir.

3. Ari Suhana, S.Sos Penjabat Kepala Desa Tigur Jaya di Kecamatan Sekadau Hilir. Perda Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Tigur Jaya di Kecamatan Sekadau Hilir.

4. Kansin Penjabat Kepala Desa Beringkai Raya di Kecamatan Sekadau Hilir. Perda Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Beringkai Jaya di Kecamatan Sekadau Hilir.

5. Abang Rafa'l Penjabat Kepala Desa Sempulau Indah di kecamatan Sekadau Hilir. Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Sempulau Indah di Kecamatan Sekadau Hilir.

6. Jono, A.Md Penjabat Kepala Desa Semerawai di Kecamatan Nanga Taman. Perda Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Semerawai di Kecamatan Nanga Taman.

7. Heri Waluyo Penjabat Kepala Desa Engkulun Hulu di Kecamatan Nanga Taman. Perda Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pembentukan Desa Engklun Hulu di Kecamatan Nanga Taman. 

Tugas Kepala Desa

Sabas memaparkan tujuh orang Penjabat Kepala Desa itu merupakan ASN yang saat ini juga bertugas di masing-masing kecamatan dari desa definitif tersebut. Maka dalam menjalankan tugasnya, para Penjabat Kepala Desa itu juga wajib menjalankan tugas di kantor Kecamatan masing-masing. Dalam menentukan Penjabat Kepala Desa, Bupati Sekadau secara prerogatif yang menentukan berdasarkan usulan dari Camat masing-masing.

Modus Diberikan Pekerjaan di Pontianak, Seorang Wanita di Sekadau Jadi Korban Pencabulan

"Ini desa baru, tentu persiapan sebagai desa baru harus dilakukan, seperti pembentukan perangkat desa, BPD dengan bermusyawarah dengan tokoh masyarakat di desa masing-masing. Selain itu tugas hari-hari biasa, seperti administrasi keuangan dan lainnya akan dibimbing dari Dinas juga, " kata Sabas.

Lebih lanjut, Sabas menjelaskan jabatan dari Penjabat Kepala Desa tersebut akan berakhir jika Pilkades sudah terlaksana dan Kepala Desa terpilih sudah ditetapkan.

Di sisi lain, Penjabat Kepala Desa Melanjan Raya, Agustinus memaparkan untuk pembentukan struktur desa akan dilakukan sesuai instruksi Bupati dan melibatkan masyarakat setempat. Ia menargetkan struktur perangkat desa akan terbentuk sebelum tahun 2023.

"Kita tidak setiap hari di desa, paling tidak seminggu 2 kali. Setelah itu di kecamatan. Tugas awal pembentukan perangkat desa dan pemindahan identitas Kependudukan warga desa, " tandas Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Pembangunan, Kecamatan Belitang Hilir itu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved