Apa Itu Lembaga Survei? Bukan sebagai alat Politik, Berikut Fungsi Survei Sebenarnya!

Metode Survei adalah teknik dalam suatu riset dengan memberi batas yang jelas atas data melalui penyelidikan dan peninjauan.

DOK EKON.GO.ID
Dalam survei yang digelar pada 8 hingga 13 Agustus 2022 dengan menyasar responden berusia 17-39 tahun, Golkar muncul dengan tingkat popularitas tertinggi dibanding partai lain, yakni sebesar 94 persen.- ini adalah contoh hasil survei yang dipublikasi oleh lembaga Survei. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Survei adalah suatu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang sama pada setiap orang, kemudian semua jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis, nantinya hasil yang diperoleh dari survei akan dilakukan pemeriksaan secara komperhensif.

Metode Survei adalah teknik dalam suatu riset dengan memberi batas yang jelas atas data melalui penyelidikan dan peninjauan.

Sehingga Survei dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari sekelompok orang atau dari lingkungan.

Dari Survei pengumpulan data sekelompok orang dapat dilakukan melalui telepon, melalui surat, atau tatap muka. Beberapa survei dilakukan dengan mewawancarai sekelompok orang (Kamus Kesehatan)

Profil Lembaga Survei SMRC,Selalu Fokus Mengkur Pola Perilaku Pemilih Menjelang Pemilihan Umum

Apakah Fungsi Survei Hanya untuk keperluan Politik?

Secara normatif, fungsi survei adalah “menjembatani” kepentingan publik  dengan penentu kebijakan publik (pemerintah dan elite politik).

Fungsi awal survei, jajak pendapat, polling, atau apa pun namanya adalah memantau opini publik; “mengintip” persepsi, harapan dan evaluasi publik terhadap sebuah kebijakan politik, juga mengukur apa yang dipikirkan masyarakat.

Survei juga “mengintip” pendapat (opini) serta harapan masyarakat terhadap pejabat/politisi ataupun institusi yang ada, mendekatkan keputusan-keputusan publik dengan aspirasi publik.

Hasil survei dipandang sebagai “barometer” aspirasi masyarakat yang menjadi acuan dalam pembuatan keputusan.

Hasil survei sering menjadi acuan bagi partai politik untuk menentukan calon bupati, wali kota, atau gubernur dalam Pilkada. Parpol akan memilik nama terpopuler hasil survei.

Hasil survei setidaknya berguna sebagai “bahan tulisan” bagi para peneliti untuk menulis artikel di media. Tulisan mereka menjadi “layak muat” karena dukungan data “ilmiah” hasil survei itu. Mereka “hanya” menjabarkan hasil survei lembaganya.

Hasil survei itu pula yang membuat mereka menjadi narasumber dalam berbagai acara talkshow di televisi yang menjadikan mereka sebagai pengamat politik.

Survei Litbang Kompas, Anak Muda Kalimantan Dambakan Figur Kepala Daerah Seperti Ini di 2024

Jenis Survei

Secara garis besar ada dua jenis survei.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved