Lokal Populer

Pekan Seni Budaya Robo-Robo Wadah Masyarakat Lestarikan Warisan Adat Budaya Leluhur

Tentu tahun depan perlu persiapan lebih matang dan Pemerintah Kabupaten akan mendukung persiapan-persiapan itu

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekda kubu raya Yusran Anizam saat menutup Pekan Raya Robo-robo Kakap Expo di Lapangan Petalaubeng Desa Sungai Kakap, pada Selasa 27 September 2022 malam 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengapresiasi pelaksanaan Pekan Budaya Robo-Robo Kakap Expo 2022 di Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap dan berharap pelaksanaan tahun depan lebih massif.

Menurutnya, panitia telah sukses menggelar hajatan rakyat yang berlangsung selama sepekan itu. Meskipun di tengah keterbatasan persiapan dan pendanaan.

Karena itu, dirinya menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan kembali mendukung perhelatan tersebut di tahun berikutnya.

“Tentu kita harus menanjak, semakin ke depan harus lebih baik. Tahun ini dengan kondisi persiapan seadanya tapi sudah masya Allah luar biasa penyelenggaraannya," ujarnya.

Wabup Farhan Tutup Rangkaian Kegiatan Robo-Robo di Kelurahan Kauman Ketapang

"Tentu tahun depan perlu persiapan lebih matang dan Pemerintah Kabupaten akan mendukung persiapan-persiapan itu. Kita rencanakan lebih matang lagi,” tutur Yusran Anizam saat menutup Pekan Raya Robo-robo Kakap Expo di Lapangan Petalaubeng Desa Sungai Kakap, pada Selasa 27 September 2022 malam.

Sekda Yusran Anizam mengatakan Pekan Seni Budaya Robo-Robo merupakan wadah masyarakat dalam melestarikan warisan adat budaya para leluhur.

Ajang ini juga menjadi forum interaksi sosial antarmasyarakat.
 
“Ini media wadah masyarakat untuk melestarikan budaya sekaligus tempat berinteraksi sosial dan silaturahmi. Di sini semua berbahagia bersama.

"Nah, ini tentu mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Masyarakat juga saya yakin semuanya mendukung penyelenggaraan ini,” katanya. 

Yusran menerangkan Robo-Robo adalah budaya masyarakat terutama di wilayah pesisir.

Setiap tahunnya ritual adat budaya ini selalu dilaksanakan khususnya di tiga kecamatan di Kubu Raya yakni Sungai Kakap, Kubu, dan Teluk Pakedai. 

Dirinya berharap pelaksanaan di tahun mendatang dapat semakin massif.

“Mudah-mudahan kondusivitas seperti tahun ini tetap terjaga. Karena sekian tahun masyarakat telah menunggu momen seperti ini setelah sempat terhambat oleh pandemi,” harapnya. 

Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mengaku takjub melihat antusiasme masyarakat terhadap kegiatan Pekan Budaya Robo-Robo dan Kakap Expo. 

Efek Ganda

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved