Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi, Bupati Kubu Raya Minta Rosalina Jadi Teladan

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengukuhkan Rosalina Muda sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kubu Raya

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri pengukuhan Rosalina jadi Bunda Literasi pada Kamis 29 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengukuhkan Rosalina Muda sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kubu Raya pada Kamis 29 September 2022.

Namun Bupati Muda berharap Rosalina dapat menjadi sosok teladan dan inspiratif dalam membangun masyarakat Kabupaten Kubu Raya

Dalam kegiatan pengukuhan dilakukan pada acara pembukaan Festival Literasi Indonesia 2022 di Q Hall Qubu Resort Kubu Raya

“Untuk menumbuhkan masyarakat literasi, perlu tokoh masyarakat yang punya perhatian dan kepedulian sangat tinggi terhadap pemberdayaan keluarga sebagai pondasi dalam Pemberdayaan Masyarakat literasi,” tutur Muda seusai pengukuhan.

Lokakarya ICRAF bersama Pemkab Kubu Raya Rangkul Perusahaan untuk Perkuat TJSL


Ia menerangkan Bunda Literasi memiliki tugas membangun masyarakat literasi yang cerdas informasi dan media. Bunda Literasi, paparnya, mempunyai sejumlah fungsi.

Yakni memberi pertimbangan di dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pengembangan literasi, baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, maupun masyarakat.

“Bunda Literasi juga bekerja sama dengan perangkat daerah yang menangani program kegiatan literasi dan jejaring literasi dalam menyelenggarakan akuntabilitas masyarakat literasi,” lanjutnya.

Bunda Literasi, sambung Muda, juga harus berkoordinasi dengan penyelenggara literasi, organisasi profesi dan nonprofesi, serta pihak yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat literasi. Bunda Literasi juga berkewajiban melakukan sosialisasi kegiatan literasi di daerah. 

“Dan nantinya Bunda Literasi ini memberikan dorongan untuk tumbuh kembangnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan literasi yang bermutu,” sebutnya.

Namun Bupati Muda juga mengingatkan, Bunda Literasi juga harus siap menerima masukan terkait kebutuhan aktivitas literasi yang diajukan masyarakat. 

“Sebaliknya Bunda Literasi ini juga memberikan masukan dan pertimbangan dalam program kegiatan masyarakat literasi,” ucapnya.

Dan Bupati Kubu Raya berhafalt, Bunda Literasi harus memberikan dorongan kepada orang tua, satuan pendidikan, dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat literasi

Bunda Literasi Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda mengatakan dirinya akan segera mempelajari tugas pokok dan fungsi barunya sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kubu Raya

Rosalina menilai sebagai daerah termuda di Kalimantan Barat, Kubu Raya mempunyai dinamika tersendiri dengan jumlah penduduk besar dan kondisi geografis daerah yang tidak mudah. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved