Cara Ganti Pelat Nomor Kendaraan Warna Putih? Segini Biaya Urus TNKB Mati Lima Tahun!

Rentang waktu yang cukup lama ini membuat banyak pengendara bertanya-tanya berapa biaya ganti pelat motor (biaya ganti plat motor).

Tribunnews
Ilustrasi Pelat Motor - Berikut ini cara ganti Pelat Motor menjadi warna putih lengkap dengan syarat ganti TNKB jika mati lima tahun. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemilik kendaraan motor wajib membayar pajak dan mengganti pelat nomornya setiap lima tahun sekali.

Rentang waktu yang cukup lama ini membuat banyak pengendara bertanya-tanya berapa biaya ganti pelat motor ( Pelat nomor kendaraan ).

Besaran biaya ganti pelat motor ( Pelat nomor kendaraan )tentu menjadi hal penting untuk diketahui.

Sehingga pemilik kendaraan dapat menyiapkan uang yang cukup sebelum mengurus administrasi pajak lima tahunan.

Pelat nomor kendaraan sendiri merupakan benda wajib di setiap kendaraan dan pemilik harus memastikan Pelat nomor kendaraan yang tertera pada kendraan telah sesuai regulasi yang berlaku.

BPKB Berubah Jadi Elektronik Tahun Ini, Cegah Duplikasi untuk Aksi Nakal

Pelat nomor kendaran ini fungsinya sebagai identitas dari kendaraan, seperti kode wilayah, nomor, bulan dan tahun terdaftar.

Lantas bagaimana syarat untuk mengganti Pelat nomor kendaraan berwana dasar hitam ke putih dan berapa besaran biaya bayar pelat mati lima tahun?

Korlantas Polri mulai memberlakukan pergantian pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( TNKB ) berwarna dasar putih ke sejumlah wilayah di Indonesia secara bertahap.

Mengutip situs Korlantas Polri, perubahan warna TNKB menjadi putih ini bertujuan untuk mengefektifkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ), menilang kendaraan yang melakukan pelanggaran dengan bantuan kamera sebagai bukti pelanggarannya.

Secara sederhana perubahan warna pelat menjadi warna putih untuk mendukung sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ) berbasis kamera dan parkir elektronik.

Sebab pada pelat nomor putih terdapat Automatic Number-Plate Recognition ( ANPR ) yang dapat dengan mudah disorot oleh ELTE tanpa ada kesalahan.

Selain itu, pelat nomor akan menggunakan chip yang bernama Radio Frequency Identification (RFID) yang akan dapat memuat data kendaraan pribadi, data bukti pelanggaran, pembayaran e-Tol maupun parkir elektronik.

Siap-siap Pelat Motor Warna Putih, Lebih Mudah Dilacak Kamera Pengintai CCTV

Melansir laman Korlantas Polri, berikut syarat dan proses pergantian pelat nomor (pajak lima tahunan):

Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang harus dipenuhi pemilik kendaraan saat akan membayar pajak lima tahunan

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved